Jenis-Jenis Aki Sepeda Motor

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat riders..

 

Aki adalah otak kelistrikan dari sebuah kendaraan entah itu kendaraan roda dua hingga kendaraan beroda banyak,aki berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian seperti ECU, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.Aki biasanya berbentuk balok.

Nah kali ini mari kita menambah wawasan kita tentang mengenali beragam jenis-jenis aki yang ada di sepeda motor mari kita mulai :

  • Aki Basah (Antimonial Battery)
Gambar

Contoh Aki Basah

Aki basah adalah aki yang sering digunakan pada motor di Indonesia,aki basah mempunyai cairan elektrolit/sulfida/asam sulfat didalamnya dan harus rutin dicek untuk mengetahui jumlah aki apakah masih banyak atau sudah pada garis lower,jika sudah pada garis lower maka segeralah mengisi ulang aki pada lubang yang terdapat pada aki.berfungsi untuk menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia, yang akan digunakan untuk mensuplai (menyediakan) listik ke sistem starter, sistem pengapian, lampu-lampu dan komponen komponen kelistrikan lainnya.

Aki basah mempunyai kelebihan yaitu dari segi harga yang murah.Harga Aki maupun cairan isi ulangnya mempunyai harga yang terjangkau .Namun mempunyai kelemahan anda dituntut agar sering untuk mengecek ketinggian cairan dalam aki agar masa pakai aki lama dan juga memiliki tingkat self-discharge besar 0,8 hingga 1,0 % volume/hari.

  • Aki Hybird (Hybird Battery)
Gambar

Contoh Aki Hybird

Aki Hybird atau nama kerennya Hybird Battery adalah aki yang bentuk dan komposisinya hampir sama dengan aki basah atau antemonial battery yang menjadi pembeda hanyalah ada aki hybrid selnya menggunakan low-antimonial pada sel (+) dan kalsium pada sel (-). Aki jenis ini memiliki performa dan sifat self-discharge yang lebih baik dari aki basah konvensional.Namun kelemahannya terletak pada self-discharge besar 0,5 hingga 0,6% volume/hari.

  • Aki Kalsium (Calcium Battery)
Gambar

Kutub Aki Kalsium

Konstruksi hampir sama dengan aki hybird atau hybird battery dan aki basah atau antimonial battery,namun yang menjadi pembeda dengan kedua aki diatas hanyalah pada lempengan aki kalsium menggunakan kalsium pada lempengan grip kutub positif (+) dan kutub negatif (-).

Aki jenis ini mempunyai kelebihan kinerja yang lebih baik ketimbang aki hybird dan aki basah di atas,daya tahannya lebih lama atau panjang ketimbang dua aki diatas dan juga mempunyai self-discharge rendah yaitu 0,1 hingga 0,2 % voume/hari .Namun aki kalsium juga mempunyai kekurangan yaitu harganya lebih mahal ketimbag kedua aki diatas. 😀

  • Aki Bebas Perawatan (Maintaned Free (MF))
Gambar

Contoh Aki MF dan Kutunya

Aki yang bebas perawatan atau maintanied free (MF) adalah sebuah jenis aki yang didesain khusus untuk menekan sekuat mungkin penguapan dalam aki dan walaupun menguap aki cairan aki mengalami kondensasi sehingga kembali menjadi air murni yang menjaga level air aki selalu pada kondisi ideal sehingga tak lagi diperlukan pengisian air aki. Aki jenis ini biasanya terbuat dari basis jenis aki hybrid maupun aki kalsium.

Kelebihan dari aki bebas perawatan ini pastilah bebas perawatan karena tidak perlu mengisi ulang cairang aki,naun kelemahannya aki menjadi sekali pakai dan harganya diatas dari harga aki kalsium. 😀

  • Aki Kering (Accu Sealed)
Gambar

Contoh Aki Kering

Adalah aki yang menggunakan kalsium pada lempengan grid kutup positif dan dengaif dengan penyekat berbentuk jaring atau mat yang menyerap cairan elektrolit yang umumnya berbebtuk gel dengan kemasan aki yang tertutup rapat dan disegel serta tidak ada lubang untuk pengisian ulang karena tidak diperluakan.Ketika terjadi penguapan akan diserap kembali oelh jaring terbsebut,sehingga aki tidak mengalami penurunan jumlah gel dalam aki.

Aki kering mempunyai kelebihan yaitu bebas perawatan karena tidak perlu mengisi ulang cairan,dan kinerja aki baik dan merupakan aki paling awet ketimbang jenis aki lain .Namun kelemahannya adalah harganya paling mahal diantara jenis aki yang sudah disebutkan diatas,pamakaiannya juga cuma sekali kalau sudah soak atau rusak harus diganti dan juga tidak tahan akan suhu yang tinggi. 😀

 

Last…jenis-jenis aki diatas adalah jenis aki yang RPM ketahui ditambah dengan beberapa referensi yang ada diinternet jika ada kesalahan mohon komentar dan untuk menambah wawasan kita tentang aki.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon kritik dan saran,Semoga berguna dan bermafaat 😀 (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum,,

Baca Juga :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 9 Mei 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. Oh… aki mf trnyata beda dng aki kering toh… nice info… baru ngeh hehehe

    This Is Play Ground, Acara Asyik dari Kawasaki di Surabaya!

  2. belum paham bedanya aki kering sama MF

  3. bukannya aki kering dengan aki maintenance free itu sama broo? 🙄

    INI KAH MEGELLI 250 R INJEKSI…??

  4. wah ternyata jenis aki banyak banget…setahu ane cuma 2 basah dan kering 🙂

  5. Mantab infone…
    Kalo saya pilih aki basah buat notor dan aki kering buat mobil 🙂

    5 Varian Datsun Go+ Panca

  6. weh, byk juga ya, setahuku basah dan kering juga..mengenai perbandingan harganya gimana tuh
    http://motomatic.wordpress.com/2014/05/09/pembalap-asia-lebih-santun-dari-pembalap-eropa/

  1. Ping-balik: [Share]Jenis-Jenis Aki [Bikers] - Pemulung Berita

Silahkan Dikomentari

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news