Tips Agar Rem Cakram Makin Pakem
Assalamu’alaikum..
Rem adalah piranti keselamatan yang selalu dan pasti ditemukan pada setiap motor.Rem berguna untu mengurangi laju motor dan juga menghentikan laju motor,rem sendiri terbagi dalam dua jenis yaitu rem cakram atau istilahnya disk break dan rem tromol atapun drum.Rem cakram adalah rem yang paling sering digunakan untuk motor sekarang,sudah banyak motor menganut pengerman menggunakan disk break entah itu hanya didepan maupun depan belakang. Nah disini saya akan berbagi info bagaimana agar rem cakram atua disk break anda semakin pakem dan ciiit dengan mengganti part lawas dengan yang baru.Mari kita bahas 😀
- Mengganti Minyak Rem .Minyak rem adalah piranti yang tugasnya amat penting yaitu mendorong piston untuk menekan kampas rem.Biasanya minyak rem mempunyai batas pemakaian,gantilah minya rem saat warnanya sudah berubah kehitaman ataupun berapa pada posisi lower.Harganya terbilang murah dari ribuan hingga puluhan rupiah saja dan sudah banyak brand yang menyediakan ini.Ingat saat mengganti minyak rem jangan sampai mengenaik cat motor karena dapat merusaknya. 😀
Brand Jumbo
Brand Prestone
- Mengganti Selang Rem .Selang rem mempunyai tugas sebagai penyalur minyak rem menuju ke caliper rem.Selang rem dapat menggunakan varian racing selain membuat daya salur minyak rem lebih cepat juga dapat mendongkrak tampilan,hargnya dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. 😀
- Mengganti Master Rem . Perangkat vital lain yang fungsinya mendorong minyak rem menuju caliper (CMiIW) agar rem lebih pakem anda dapat menggantinya dengan varian racing maupun dari motor lain.Harganya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. 😀
- Menggati Kaliper . Perangkat yang vital (padahal vital semua) adalah tujuan akhir dari skema rem hidraulis dengan tugas mendorong kampas rem untuk menekan cakram.Kaliper rem juga sudah banyak dijual anda dapat menggantinya depan part racing maupun part dari motor lain.Harganya dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.Namun jika anda menggunakan caliper racing tetapi menggunakan master rem standar tidak saya sarankan. 😀
- Mengganti Cakram . Cakram juga mempunyai batasan pemakaian gantilah jika sudah saatnya atau sesuai keinginan anda.Gantilah menggunakan diameter cakram yang lebih lebar dari motor anda.Harganya sekitar ratusan ribu. 😀
- Rajin Merawat . Merawatnya dengan membersihkan rumah kaliper hingga kampas rem dengan rutin lalu cek juga jika selang rem bocor atau tidak karena dapat mengakibatkan rem blong
- Mengganti Kampas Rem . Jika anda sudah mengganti part diatas namun tidak mengganti kampas rem ya sama saja.Ganti juga jika sudah tipis karena dapat membahayakan pengendara,harganya dimulai dari puluhan ribu. 😀
Last…..tips diatas bisa jadi refenrensi bagi anda yang menegluhkan performa rem yang kurang nyaman,namun jika anda mengganti part diatas tetapi pada kecepatan rendah bisa ngesot 😀 .Gantilah sesuai kebutuhan kalau RPM sendiri hanya mengganti selang,minyak dan kampas rem saja sudah cukup.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon saran,kritik dan komentar yang membangun dan semoga bermanfaat (RPM)
Posted on 7 April 2014, in Uncategorized and tagged info, Tips. Bookmark the permalink. 65 Komentar.
Wa alaikum salam wr wb, joss infonya bro
http://cahyadip.wordpress.com
joss 😀
Nice tips gan..
Btw cakram belakang ane kayak ngerem sendiri.. itu mesti diapain yah gan?
masuk angin kali 😮
Cius nih gan..
Wis tak beresin ke mekanik langganan, tapi masih aja.
Kalau ditarik mundur tuh bunyi cekit-cekit gituh gan.. 😦
ya itu..di minyak remnya ada angin coba dikuras
OKeh sip.. thanks gan.. 😉
cip 😀
bersihin pistonnya, ganti minyak rem… klo ga juga, ganti se set hahahahaha
http://macantua.com/2014/04/06/obrolan-disela-sela-ronda/
Woh.. sip2..
muga2 mah ulah sampe 1 set lah Kang.. 😀
moal…. bersihan plus ganti minyak we heula xixixixixi
woh ngunu toh…
http://macantua.com/2014/04/06/obrolan-disela-sela-ronda/
yoi
oh, selang rem juga ya? dah hampir 5 th gak pernah ganti 😀
http://ferboesrichardson.wordpress.com/2014/04/07/kesurupan-ingin-masuk-islam/
hahahha klo nggak bocor nggak perlu ganti gan 😀
Oh gitu… oke sip 😀
rajin merawat, pilihan tepat mas!
http://masdaniblog.wordpress.com/2014/04/06/ketahuan-datsun-go-sedang-diuji-jalan-tanda-launching-semakin-dekat/
😀
Riding Suzuki RK Cool 2012 dari Bali ke Jakarta. Siapa nih?
http://motobikerz.com/archives/2998
😮
mengganti motor 😀
nah 😀
pakem
ganti pake kaliper brembo, xixixi
http://monkeymotoblog.com/2014/04/06/yamaha-mt-07-mau-masuk-indonesia-buatan-mana-dulu-nih/
hahaha joss
kalo rem tromol gmana kang wkwkwk
http://belalangmerah.wordpress.com/2014/04/07/inikah-sosok-final-naked-bike-dari-kawasaki-ninja-250-rr-mono/
😀
Rem dikit langsung stoppie, xixixi
———————
Kalo udah main di sirkuit pasar senggol, 250cc pun bisa nguber-uber 1000cc
http://lovemotobike.com/2014/04/07/kalau-udah-main-di-sirkuit-pasar-senggol-motor-1000-cc-pun-bisa-diuber-uber-sama-motor-250-cc/
hahaha joss 😀
Alhamdulillah rem saya lancar 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/07/♪♫-pilih-presiden-yang-bisa-main-gitar-☻-terlalu-♫♪/
amaan 😀
juwoss nice share broo
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/06/review-perjalanan-blog-nivikoko-wordpress-com-dari-mulai-berdiri-hingga-sekarang-terima-kasih-buat-bikers-dan-seluruh-sesepuh-blog/
ok ok 😀
Wahhh…rem cakramnya pakem nggak tuh yang bawah
#ééhh
Balap aman di Sentul International Circuit saja
http://nyobamoto.com/2014/04/07/opini_balapan-di-sirkuit-sentul-internasional-saja-khusus-safety/
salah fokus 😀
wow joss, leres suhu
http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/04/06/shogun-110/
kok suhu ?
harus rutin di cek…
http://bintangjati.com/2014/04/07/ternyata-ahm-terinspirasi-mbah-wiro/
nah 😀
kalau saya paling cuma ganti kampas tok
joss 😀
Malah rem sepedah 😀
http://fachruldeanca.wordpress.com/2014/04/07/instagram-tempat-asik-buat-cuci-mata/
keliru 😀
Kalo yg bawah sendiri mah rem palinh pakem… Nongkrong aja di pinggir jalan…. Langsung deh…. Ciiiiiettttt!!!!
http://78deka.wordpress.com/2014/04/07/tanda-tanda-pulsar-200ns-fi-mau-muncul-tambah-nyata/
lhah 😮
kalau motor ane cuma ganti kampas rem doank 😀 …..yang lainnya masih berfungsi dengan baik 🙂
http://zulari58.wordpress.com/2014/04/07/akhirnya-si-dark-sampai-ke-rumah/
masih baru gitu lho 😀
jos infonya, btw merk nya sama ky yg biasa aku pake..yg tutup merah
http://masshar2000.com/2014/04/07/valentino-rossi-jika-saya-pensiun-saya-titipkan-yamaha-ke-jorge-lorenzo/
mantep 😀
ciittt 🙂
😀
manggut-manggut
😀
boleh di coba nii… nunggu modal kayake habis banyak tu..
http://aromarpm.com/2014/04/07/tips-buat-rem-tromol-pakem-apakah-sudah-ada-yang-membuktikan/
nah 😀
IWB bingit pake last hehehe…
Selang rem racing ada fungsi lain gak?
http://kobayogas.com/2014/04/07/pojok-history-cintaku-pada-honda-berawal-dari-mobil-ini/
selama ini kemana om 😮
selain nambah tampilan juga bisa mempercepat aliran minyak rem yang ujung2-nya remnya makin ciit 😀
Mempercepat aliran yak… Kalau yg ay tau gak gitu… Ya mngkin itu salah satunya. Tapi yg utama itu menjaga performa rem yang suka fading akibat selang rem standar menggembung karena kepanasan efek dari hard braking…
Biasanya kalau sudah panas, minyak rem itu bisa mendidih, dan kalau sdh begitu kadang selang rem alirannya gak lancar lagi karena menggembung..
Pernah liat selang rem di kompres? Hehehe…
Jadi kalau pakem sih tetap gimana kanvasnya, kalau selang rem menjaga performa aliran minyak rem…
Sori kalau salah yak, nubie hehehe…
nah kalo komplitnya itu om . pernah nyoba nekan selang rem standar trus ti tarik tuas remnya dan gembung 😀 .nah untuk selang rem racing sendiri lebih diperuntukan untuk late breaking kang gitu 😀 .
tes
Spammer ! 😀
Kali lain dipanjangin biar jossssss 🙂
http://kobayogas.com/2014/04/09/indikasi-positif-dari-kawasaki-indonesia/
Kawasaki bangun pabrik baru di cikarang buat produksi 4 model motor Kawasaki dua model diantara akan diekspor ke Filipina dan Malaysia http://bit.ly/1lHNPC4
Jgn lupa belinya pake duit #eh 😀
http://ndeso94.com/2014/04/09/siapapun-yang-kamu-coblos-pertama-ucapkan-bismillah/
nah 😀