Ban Tapak Lebar Vs Ban Tapak Kecil

ban

 

Assalamu’alaikum sobat bikers ..

 

Ban adalah fungsi fital dari semua kendaraan yang bertugas sebagai penerus tenaga dari mesin,penyangga beban kendaraan dan juga penupang,meneruskan fungsi kemudi dari stang,pengereman motor dan juga dapat sebagai suspensi atau penahan kejutan dari permukaan entah itu aspal ataupun tanah

.Nah yang masih menjadi kesimpang siuran tentang  ukuran ban ada ukuran ban yang kecil – ekstra kecil – standar – lebar – monster .Kebanyakan para bikers telah mengganti ukuran bannya tidak dengan ukuran standar lagi dengan beribu alasan (Hayyah 😀 ) nyawa juga bergantung diatas ban bro jadi harus selektif dalam memilih ukuran ban.

Pastilah pabrikan telah melakukan riset panjang walau hanya untuk ukuran ban,karena ukurang ban juga dapat mempengaruhi kenyaman kendaraan,penyaluran performa motor dan juga untuk menghentikan daya laju kendaraan.Kali ini RPM hanya akan beropini apa saja kelebihan menggunakan ban kecil atau tenar disebut ban cacing dan alay ,ban standar dan ban tapak lebar.

  • Ban Kecil

ninja-ban-cacing_thumb2

Ban kecil bukan berarti ukuran diameter ban yang kecil,namun tapak dari ban tersebut.Ban ini aslinya diperunttukan untuk balapan drag bike yang mempunyai trek lurus dan mulus dan jaraknya juga hanya 201m bukan untuk harian.Lihat saja jalanan Indonesia masih mengenaskan kondisinya banyak lubang,jalan bergelombang dan lainnya.Menurut yang menggunakan ban ukuran kecil ini menganggap bahwa itu “KEREN”,namanya juga selera motor motor gue yang terserah gue.Kata itulah yang sering terlontar dari mulu mereka,biasa digunakan oleh pengguna (bukan maksud menjelekan) Satria F , Ninja 150 dan motor matic.Namun ban ukuran mini juga menmpunyai beberapa kelebihan yaitu :

  • Tarikan Responsif .Alasan utama adalah untuk mengejar keresponsifan dari motor karena ukurannya lebih kecil maka part penngerak juga tidak terlalu memaksa untuk memutar roda.
  • Irit .Alasan yang kedua adalah mengejar irit karena bannya tidak terlalu menyiksa part penggerak.
  • Trend .Ini yang adalah imbas dari trend modifikasi dari negara Thailand yang biasa disebut Mothai yang menyebar dengan cepatnya.

Namun ban ini juga mempunyai kelemahan dan resiko yang cukup tinggi yaitu :

  • Gampang Bocor .adala kelamahan yang paling mendasar karena bannya berukuran kecil tak mampu menahan beban yang disangganya (yang ini mohon komentarnya soalnya kurang tau alasannya :mrgreen: )
  • Velg Bengkok .Efek yang disebabkan oleh faktor jalanan yang jelek dan sering dilewati,coba kita amati yang menggunakn ban jenis ini pasti kalau melewati rel kereta,jalan berlubang dan bergelombang sangat pelan agar velgnya tidak bengkok 😀 .
  • Rawan Kecelakaan. Tapak ban yang kecil dapat mengakibatkan kecelakaan mulai dari ngesot saat melewati jalan berbelok apalagi jalan menikung.
  • Menggangu Kesehatan .Kembali pada salah satu fungsi ban yaitu sebagai peredam kejutan dari permukaan trek yang dilalui,ukurannya yang kecil membuat redaman kejutan berkurang dapat menyebabkan perut tidak nyaman,(maaf) pantat kurang nyaman dan masih banyak lagi .

ban-cacing-nyangkut-patahan-jalan

 

  • Ban Lebar

ban gambot

Ban yang memounyai tapak lebar,ban yang diaplikasikan kepada motor gede dan mempunyai tenaga dan performa tinggi ban ukuran ini juga digunakan untuk balap road race atau on the roda atau di sirkuit.Motor gede yang mempunyai  bobot dan dimensi yang besar maka dari itu dipilihlah ukurang yang cocok untuk motor berkubikasi besar.Ban tapak lebar juga mempunyai harga yang lebih mahal ketimbang ban standar tetapi mempunyai tapak ban yang lebih baik dibanding ban standar.

Ban ini juga merupakan efek dari modifikasi ala streetfighter atau petarung jalanan karena dapat membuat kesan kekar pada motor dan juga dapat menampilakan kesan moge look dan tampilan motor terlihat padat atau tidak kopong lagi,itu untuk menurut yang menggunakan ban jeinis ini.Ban lebar juga memeliki beberapa kelebihan yaitu :

  • Tapak Ban Sempurna .Akibat dari tapak ban yang lebih lebar membuat tapak ban lebih baik dalam mencengkram aspal,cocok untuk anda yang suka miring-miring (baca:cornering).
  • Gagah .Untuk alasan penampilan ini adalah alasan utamanya yaitu membuat motor menjadi lebih gagah,tidak kopong serta memperkuat desain moge look.
  • Percaya Diri .Selain menambah kesan moge look yang membuat riders diatasnya membuat percaya diri,tak hanya itu penunggang motor dengan jenis ini juga dapat lebih percaya diri dalam melibas jalan rusak dan jalan yang mempuanyai tinggakt belokan yang tinggi (bilang saja tikungan :mrgreen: ) .
  • Lolos dari Oprasi . Yup,ban dengan tapak lebar tidak menyalahi aturan per-UU dengan kendaraan bermotor asala juga jangan terlampau lebar saja.

Tak hanya mempunyai kelebihan namun ban tapak lebar juga mempunyai kelemahan yaitu :

  • Boros .Kelemahan utama dari ban tapak lebar karena part penggerak harus berusaha lebih keras agar tenaga sesuai bukaan gas.Bukan hanya boros bahan bakar namun juga boros kampas rem dan juga gear set karena umurnya juga semakin pendek.
  • Akselerasi Berat .Efek dari penggunaan ban lebar juga dapat mengakibatkan akselerasi berat dan juga kembali berimbas kepada konsumsi bahan bakar motor .
  • Mahal .Pastilah kita tahu bahwa velg dan ban tapak lebar tidakla murah harus merogoh kocek hingga jutaan rupiah.

motor tengkorak 3

 

Last…komparasi diatas hanyalah opini pribadi dari RPM yang dibuat se netral mungkin,dan mungkin juga setiap orang mempunyai opini yang berbeda-beda dari sini kita harus bisa saling mnghargai perbedaan 😀 .Sekian dari saya silahkan kunyah-kunyah,mohon kritik dan saran semoga berguna dan bermnafaat 😀 (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum.

Baca Juga :

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 8 Mei 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 40 Komentar.

  1. Saya sih standaran aja,hehe dulu vario saya pake ban gede banget,efeknya ancur tuh cvtnya,hehe 😀
    http://warungasep.wordpress.com/2014/05/08/yamaha-mt-125-motor-entry-level-keren-yang-mahal/

  2. Sesuaikan dengan standard aja.

    Penjualan Big Bike Kawasaki-ER6N Terlaris, Pasar Moge Menggiurkan
    http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/08/penjualan-big-bike-kawasaki-er6n-terlaris-pasar-moge-menggiurkan/

  3. cukup ban standar buat saya

  4. saat ini pk yg lebar tp kyknya kurang lebar :mrgreen:

  5. tapak lebar emang resiko bocor lebih banyak tapi kan biasanya sudah tubeles jadi lebih mengkhawatirkan ban cacing yang tidak tubeles kalau bocor ya harus tambal
    http://orongorong.com/

  6. haruse ban tapak tangan bayi 😀 ban drag nhra motorcycle aja lah yang kecil itu lho yang belakang

  7. brigade jalan raya

    ada yang kurang. top speed ban tapak lebar paling tinggi. cmiwww 😉

  8. Nama cewek bonusnya siapa tu gan? Bening banget. Pgn cari di google

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Different Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo [automotive news | review | etc]

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: