Komparasi Suspensi Teleskopik dan Up Side Down

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat bikers…

 

Suspensi depan atau shock breker depan mempunyai tugas sebagai pengangga dan penopang motor bagian depan,tugas intinya adalah sebagai peredam kejut.Suspensi depan sendiri mempunyai beberapa jenis,tetapi yang akan diambil adalah jenis teleskopik dan jenis up side down atau lebih terkenal dengan singkatan USD .

Nah kedua suspensi ini mempunyai kekurangan dan kelebihan yang saling melengkapi,hari ini mari kita komparasikan sedua jenis suspensi ini dibantu dengan pembaca semua ๐Ÿ˜€ .

  • Teleskopik

Gambar

Shock breaker jenis ini adalah suspensi yang lazim kita temui pada kendaraan di Indonesia terlebih pada motor matic,cup/bebek dan sport.Suspensi teleksopik mempunyai konstruksi kompresi pipa telespoik yang terikat di segitiga ditahan pegas di dalam pipa. Lalu reboundnya diatur sirkulasi oli lewat pipa suling di dalam tabung yang terhubung ke as roda depan menggunakan per didalam tabung dengan memanfaatkan peredaran oli.

Mempunyai redaman yang lembut dan kadang juga terlalu lentur,suspensi jenis ini cocok digunakan untuk motor yang digunakan untuk dalam kota maupun kommuter,cocok juga untuk motor sport dengan bobot yang berat serta motor advanture yang melintasi medan tanah,jalan rusak maupun bergelombang dll.

Jarang suspensi ini digunakan untuk digunakan dalam ajang balapan road race seperti MotoGP bahkan tidak ada yang menggunakannya,yang masih menggunakan hanya balapan di Indonesia terlebih balapan kelas underbone.Karena suspensi ini kurang stabil dikala digunakan pada kecepatan tinggi.

Menurut RPM suspensi teleskopik mempunyai kelebihan :

  • Perawatan mudah.
  • Cocok untuk harian dengan berbagai medan.
  • Harga relatif murah.
  • Kuat menopang bobot motor yang berat.

Namun suspensi teleskopik juga memeiliki kelemahan :

  • Kurang stabil dikecepatan tinggi.
  • Tampialn biasa banget.

 

  • Up Side Down (USD)

Gambar

Suspensi Up side dow ini sering kita lihat pada motor-motor kelas gede atau moge karena bahan untuk membuatnya juga harus dengan kualitas tinggi seperti berbahan dasar alumiunium dan magnesium.USD mempunyai konstruksi tabungnya terikat di segitiga. Sementara pipa teleskopik yang diameternya lebih kecil dari tabung, terikat pada adaptor as roda depan. Maka yang sering kelihatan gerak pipanya, bukan tabung seperti di motor sport, bebek atau skubek standar.Kalai orang desa bilang shok kuwalik (Terbalik-Jawa).

Suspensi jenis ini mempunyai redaman yang lebih keras dibanding suspensi teleskopik sangat cocok untuk yang suka ngebut dengan catatan jalan lurus dan halus serta sering digunakan pada balapan berlevel tinggi seperi MotoGP dan Superbike.Tetapi suspensi USD kurang cocok digunakan untuk harian dan motor karena reboundnya yang cukup lama da keras bisa mebuat penunggang linu-linu ๐Ÿ˜€ ,namun itu terbayar dengan tampialn yang keren atau eye cathing.

Suspensi jenis ini mempunyai kelebihan :

  • Tampilan keren dan eye cathing.
  • Redaman mantap.
  • Stabil untuk kecepatan tinggi.

Namun mempunyai kelemahan :

  • Rawan patah dan bocor jika menopang bobot terlalu berat.
  • Mahal harganya.
  • Kurang cocok untuk motor berbobot berat

 

Last…kedua suspensi ini memang mempunyai kelebihan dan kekurangan keduanya juga saling mengisi,komparasi diatas hanyalah opini RPM yang didasari beberapa sumber seperti otomotif netย .Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah mungkin ada yang mau menambahkan,mohon kritik dan sara.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum..

Baca Juga :

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 22 Mei 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 34 Komentar.

  1. menor pighter wajib asepdon

  2. sik…. lirik Minerva 150R

  3. USD keren…
    asal yg kualitasnya bagus.

  4. aku ikut yg atas2 ajah USD..wkwk..

    http://www.hulssay.com

  5. baru tahu aku …
    joss mas bro ๐Ÿ™‚

  6. Tergantung merek dan harga juga untuk kualitas masing2 tipe ya? Imho
    http://cahyadip.wordpress.com/2014/05/22/pembelajaran-inden-buat-honda-ahm-dari-r15-dan-r25/

  7. Kalo soal tampilan, sebenernya relatif ya..
    Sy kira, motor sport bisa dikatakan “keren” kalo mengikuti style nya motoGP..
    Jd patokannya ya motoGP..
    Kalo motoGP, pake suspensi teleskopik, ya jelas suspensi teleskopik yg dibilang “keren”
    Kalopun nanti (sy berandai-andai) misalnya motoGP pake suspensi belakang triple-shock ya pasti monoshock udh ga keren lagi, yg keren ya triple-shock (misalnya)
    Hehehe ๐Ÿ˜€

  8. analisa ente masih ngaco bro….

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Different Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo [automotive news | review | etc]

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: