Penyebab Rem Hidraulik Overheat

Gambar

 

Assalamu’alaikum brothe semua ๐Ÿ˜€ย ..

 

Rem merupakan bagian terpenting dari keselamatan berkendara,rem bertugas untuk mengurangi kecepatan hingga untuk menghentikan laju kendaraan yang kita tunggangi.Rem sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu rem drum maupun rem tromol dan rem cakram,rem hidraulis sendiri masih dibagi dua lagi yaitu model yang menggunakan kabel dan menggunakan system hidraulis.

Ternyata rem cakram hidraulis jugaย ย dapat mengalami overheat,RPM bukannya mengada-ada walaupun tanpa foto karena pas nggak bawa HP ๐Ÿ˜ฎ .Ceritanya saat jalan-jalan dengan Black Shadow hingga daerah Kopeng jalanan penuh dengan jalan tanjakan disertai jalanan yang ada tikungan tajam nan sempit ditambah beberapa titik jalan yang rusak.

Saat pulang jalananpun sebalikanya sambil menikmati pemandangan saat perjalan pulang saya hanya menggunakan rem belakang karena turunannya cukup curam,kira-kira hampir 20 menit menggunakan rem belakang dan sudah sampai di dataran rendah dan rata lagi tiba-tiba rem belakang nge-loss atau blong.

Saya langsung berhenti dan mengecek rem belakang saya,dan ternyata panas cakram masih standar namun pada kaliper ditemui asap putih dan saat disentuh panas sangat ๐Ÿ˜ฎ .Sudah tau mungkin minyak remnya yang terlalu panas atau overheat,saat melanjutkan perjalanan hanya menggunakan rem depan dan benar saja selang beberapa menit rem belakang sudah siap digunakan dan sudah pakem lagi khas rem brembo ๐Ÿ˜€ .

Nah disini saya berpendapat bahwa tingginya suhu minyak rem sendiri karena kualitasnya,RPM sudah mengganti minyak rem pabrikan dengan minyak rem brand RedeX yang bersetikasi DOT 3.Untuk mengatasinya mungkin dapat menggunakan minyak rem yang bersetifikasi DOT 4.

Last..artikel diatas hanyalah pengalaman dan opini RPM pribadi,mungkin sobat RPM ada yang pernah juga mengalami hal yang sama ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca , mohon komentar,kritik dan sarannya.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ ย (RPM).

Wassalamu’alaikum..

Baca juga sob ๐Ÿ˜€ :

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 14 Juni 2014, in Info, Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. Satria Fu kalo dibawa kalo touring juga gitu, bahkan kaliper rem sampai mengunci cakram…

  2. saya pernah bro sampe ngeslong diturunan yg kira-kira hampir 60derajat kemiringannya dgn panjang sekitar 1km (di jalan telaga sarangan) alhamdulillah masih selamat

  3. sering ngalamin, tp di mobil. karna lewat jalan yg ada lobangnya jarak deket2 jadi gas rem gas rem. remnya gak kena angin untuk ngedinginin. tp gak sampe blong. cuma jadi gak pakem, di injak kuat2 tetep ngeloyor.hahahahhaa.

  4. aku pernah ngalami di penanjakan Gunung Bromo, makai Mio S 2009…pas buat turunan, ngeslong(nggak mau ngerem) akhirnya untungnya bawa mechanic…langsng disiram air minum mineral, jadi bisa lagi…. ๐Ÿ˜‰

    http://potretbikers.com/2014/06/14/bazozate-bakso-sate-jl-biliton-no-45-sby/

  5. kalo remnya “dikocok” (di rem,lepas,direm lg,lepas lg bgtu n strusnya) kayaknya bisa diaplikasi kan om.Boleh dijajal om.:-) kali succesfull n ga nylonong trus remnya n ga cpet panas

  6. Bukan cuma minyak rem..
    Tp yg lebih pentin itu selang rem nya mesti diganti yg braided agar tahan panas.
    Krn bahan selang rem itu dr karet, makin panas makin mudah ngembang. Kalu dah ngembang minyak rem ga punya tenaga buat dorong kampas, akhirnya blong..
    Mngkn bs membantu.

  7. Ganti aja pake fullset rem brembo, trus ganti minyak rem DOT7 =))

  8. kalau ane sih belum pernah ngalami suhu ๐Ÿ˜€

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: