Review Busi TDR Balistic

Gambar

 

Assalamu’alaikum brother bikers semua 😀 ..

 

Busi adalah salah satu peran vital dalam bekerjanya sepeda motor sebagai pemantik api dalam sistem pengapian dalam sepeda motor .Busi menerima rangsangan atau daya listrik dari kop busi ,kop busi menerima menyalurkan dari koil ,koil dapat perintah untuk meneruskan arus listrik yang bersumber dari ECU atau CDI.

Busi sendiri terbagi dalam beberapa jenis,yaitu antara lain  busi standar,diatasnya ada platinum,diatasnya lagi ada busi iridium dan ada juga busi racing atau kompetisi.Tiap busi mempunyai tingkatan yang berbeda ,salah satunya ditentukan dari tinggi-rendahnya kompresi motor.

Kali ini RPM akan berbagi tentang pengalaman menggunakan busi TDR Balistic tipe 085 selama dua hari ini ,digunakan per tanggal 18 Juni 2014 .Walau hanya dua hari sudah bisa ketara bagaimana sensasi dari busi keluaran TDR ini,sebenarnya RPM kurang tahu ini busi tipe apa yang penting awet aja dah 😀 .

kReview pertama kita lihat dari harga,harga yang dibandrol dari busi TDR ini cukup terjangkau yaitu hanya Rp 25.000 dibanding busi standar (contoh busi NGK CPR9EA) yang harganya hanya Rp 13.000 .Busi ini dilengkapi pelindung diatas dan dibagian bawah diberi platik berbentuk tabung warna trasparan.

Gambar

Pada ujung elektroda dibuat meruncing yang konon katanya agar pengapian lebih pas dan fokus dan berikut keuntungan menggunakan busi TDR Balistic ini yang RPM kutip dari kaskus :

– Meningkatkan pengapian di ruang bakar.
– Metal shellnya dilapisi anti corotion chemical.
– Meningkatkan tenaga putaran .
– Daya tahan lebih lama dibanding busi standar atau lebih dari 15.000 Km.
– Mengurangi gas emisi.
– Tarikan mesin lebih padat dan panjang.
– Kerja tetap maksimal pada suhu tinggi .
– Diameter insulator keramik lebih besar gan dari busi lainnya.

Dan sensasinya sendiri langsung RPM coba untuk naik gunung kandil jalannya penuh tanjakan tajam ditambah tikungan setajam silet :mrgreen: .Saat dipasang bagian atasnya mempunyai dimensi lebih besar dari busi standarnya,untungnya RPM sudah menggunakan cop busi KTC yang mempunyai kontur yang lentur dan reviewnya bisa dicek disini .

Nah saat distarter suaranya lebih lembut dan padat (mantap nih 😀 ) ,sekarang juga sanggup menyentuh limiter 10.000 rpm .Biasnya dipakai di 9.500 rpm udah ada suara brebetnya pakai ini sudah hilang.Alasan utama RPM mengganti busi sebenarnya gejala seberti tersendat setelah gantung rpm diputaran 7000 rpm ,saat keluar tikungan ditambah malah tersendar 😮 .

Setelah menggunakan busi ini hal tersebut sudah tidak ditemui ,yang RPM herankan rpm lebih cepat naik dan turunya juga leibh cepat,namun saat rpm turun deselarasi tidak terlalu terasa .Sedikit kendalanya yaitu saat digunakan pada rpm tinggi pada jalan menanjak malah brebet nggak jelas 😮 .

Untuk akselerasi bisa dibilang jempolan lah dikombinasi dengan kop bui KTC bisa lebih terasa akselrasinya,namun tiap shift gear kecepatannya tetap sama.Untuk top speed sendiri RPM belum coba :mrgreen: .Nah dari sini saya ambil kesimpulan :

  • Akselerasi memang lebih terasa .
  • Nyaman untuk main rpm tinggi .
  • Gejalan tersendat hilang.
  • Namun saat menanjak brebet 😦 .

Ada tambahan sedikit tentang tipe busi yang mungkin bisa menjadi referensi ada saat akan mengganti busi ini 😀 :

– TDR Ballistic 085 [Ninja 250R/Fi, KLX 250/D-Tracker X, Satria FU, Thunder 125, Bajaj Pulsar, Byson, Vixion, Jupiter MX, CBR 150/250, Sonic, CS1, New Mega Pro, Verza 150, Vario Fi125 dll]

– TDR Ballistic 071 [Grand, Legenda, Supra X/Fit, Revo, Abs Revo, Win100, Vega R/ZR, Jupiter Z/Z1, Xeon, Nouvo, Mio series, Shogun 110/125, Smash, Hayate, Skywave, Skydrive, Axelo, Kaze, Blitz, ZX-130, Athlete, KLX 150/D-Tracker 150, KSR dll]

– TDR Ballistic 285 [Megelli 250 RE/RV, Thunder 250, Scorpio, Tiger, Megapro, GL-Series, Minerva R150 series, Minerva X-Road dll]

 

Last…review diatas hanyalah opini dari RPM,tidak ada maksud untuk meninggikan nama dari suatu produk (karena nggak ikut jadi sponsor hehe :mrgreen: ) mungkin juga bisa jadi referensi ada semua 😀 .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca ,mohon kritik komentar dan sarannya .Semoga bermanfaat dan beguna 😀 (RPMSUPER.COM) >> RPM 

 

Akhir kata Wassalamu’alaikum 😀 ..

Baca juga bro :

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 20 Juni 2014, in Info, Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 22 Komentar.

  1. klw dibanding sama NGK iridium gimana bro? klw ngk iridium bensin lebih irit, cuman kok manasin mesin sedikit lebih lama biar jalan enak, sdh terlanjur pake buat grand ane, 100 rb hik2.. 😦

  2. Bener nih? Saya nyoba tdr balistic di verza yang injection, awalnya ok, lama lama ecunya ngawur, asap knalpot berbau dan pedas. Check resitansi busi dengan ohm meter, nyaris 0 ohm. Sedangkan busi untuk injeksi, harus ada hambatan / r nya. Kalau pasang di nmp karbu, pasti larinya nyosss…. di injeksi, resiko ecu jebol.

  3. wih kalo di tancepin ke beat ane ngacir gak yah? jadi pengen ganti busi uranium… eh iridium 😀

  4. walah kena nasi euy

  5. mantap !

    *padahal gak ngerti* 😆

  6. Saya sudah pasang gan…. Di mesin.vixion saya….. Manstab jissgandos….

    Klo binggung bagai mana cara setting rear supsension silahkan cek di sini…http://www.motordekil.com/2014/06/tips-motorcross-supsension-tune.html?m=1

  7. harganya lumana nih dr pd pake iridium.,., nyari ah

  8. IL MOTOR LUBUK BEGALUNG
    dapat kan barang nya di bengkel spare part kami
    lokasi : di depan central motor yamaha lubeg / di sebalah radio pesona 105 fm
    PADANG..
    HP: 085264100020
    pin bb: 29d4b762

    Daftar harga Suku Cadang Motor honda dan yamaha Terbaru 2014
    Mega pro RingPiston197.000
    Mega Pro Kabel Gas35.000
    Mega Pro CDI 480.000
    Mega Pro Shock Dpn Kiri 421.000. Shock Dpn Kanan 421.000
    Mega Pro Shock Blkg318.000
    Tiger Kampas Rem Dpn (Disk)-Lokal 30.000
    Tiger Kampas Rem Depan (Disk)-Import 76.000
    Tiger Kampas Rem Blkg tromol 60.000
    Tiger Kampas Kopling Set 125.000
    Tiger Saringan Udara 54.000
    Tiger Rantai Roda Set 765.000
    Tiger jari 2 Depan40.000
    Tiger Piston154.000
    Tiger Ring Piston 197.000
    Tiger Kabel Gas 67.000
    Tiger Kabel Kopling 30.000
    Tiger CDI 410.000
    Tiger Bola Lampu Blkg 20.000
    Tiger Shock Dpn Kiri 530.000
    Tiger shock Dpn Kanan530.000
    Tiger Shock Blkg 494.000
    Vario 110 Kampas Rem Dpn 43.000
    Vario 110 Kampas Rem Blkg
    63.000
    Vario 110 Kampas Kopling Set
    220.000
    Vario 110 Saringan hawa 50.000
    Vario 110 V-belt 130.000
    Vario 110 CDI 470.000

    kunci kontak set mio 160.000
    kunci kontak set mio soul 225.000
    kunci kontak set jmx 217.000
    mangkuk2 stang mio/jupiter z 155.000
    paking deksel mio 13.000
    paking deksel jmx 23.000
    shock blkg mio 155.000
    noken as/as klep vixion 168.000
    block rx king 1.148.000
    gigi stater mio 167.000
    gomok cvt 13.000
    pen platuk klep mio 13.000
    pen platuk klep jmx 20.000
    tali speedo meter mio 17.000
    kamvas kopling jupiter 88.000
    seal klep mio 20.000
    seal klep jmx 7.000
    as engkol mio 145.000
    as engkol xeon 115.000
    karet tutup tangki 4.000
    noken as jmx 245.000
    Harga Kampas Rem Depan75.000
    Harga Kampas Rem Belakang Rp. 45.000
    Harga Kampas Kopling mio Rp. 243.000
    Harga Saringan Udara Rp. 35.000
    Harga V-belt Rp. 83.000
    Harga Roller/buah Rp. 15.000
    Harga Rumah Roller Rp. 67.000
    Harga CDI Rp. 220.000
    Harga Relay Starter Rp. 62.000
    Harga Kabel Spidometer Rp. 25.000
    Harga Piston Rp. 63.000
    Harga Ring Piston Rp. 77.000
    Harga Rocker Arm Rp. 125.000
    Harga Sokbreker Belakang Rp. 161.000

    KHUSUS BAN FDR KAMI DISKON HARGA
    10%

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: