Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED

LedNempeldiReflektor_zps3855ccf5

 

Assalamu’alaikum sobar semua akhrnya dapat berjumpa lagi :mrgreen:

 

rpmsuper.com – Lampu LED kini kian menjadi trend modifikasi motor untuk sistem pencahayaan motor terlebih untuk lampu utama karena dulu hanya tersedia untuk lampu fariasi dan lampu senja saja.LED yang mempunyai kepanjangan Light Emitting Diode sudah lama ditemukan untuk peralatan rumah tangga,elektronik dll.

Lampu LED sendiri terkenal dengan daya yang cukup kecil dibandingkan dengan  lampu bohlam biasa bahkan lampu HID serta mempunyai sorotan cahaya yang fokus dengan jangkauan cukup luas namun tidak membuat mata orang silau .

Kini lampu LED banyak sekali fariannya mulai dari lampu senja hingga untuk lampu luxeon serta strobo :mrgreen: ,pancaran yang sangat terang namun daya yang rendah menjadikan lampu LED ini menjadi favorit untuk lampu fariasi atau lampu utama.Hal ini juga telah diterapkan oleh beberapa pabrikan motor.

Dimulai yang terbaru Honda Vario 110 yang menggunakan lampu utama dengan jenis lampu LED yang membuatnya semakin keren dan tetap  fungsional,untuk lampu rem juga sudah banyak diaplikasikan contoh Yamaha R15 dan R25 ,Suzuki Shogun,Honda New Supra X 125 dan mungkin masih banyak lagi yang saya tidak tau.

Lampu LED juga kerap digunakan untuk lampu DRL ,namun sepertinya lampu LED membutuhkan beberapa syarat agar cahaya mampu bersinar terang dan awet atau tahan lama.Yang paling utama adalah sistem kelistrikan harus menggunakan sistem DC atau langsung mengambil daya dari aki tanpa harus menggunakan daya dari putaran dan spull motor.

Yang kedua jarang diperhatikan namun cukup ampuh agar cahaynya dapat menyebar dengan sempurna yaitu reflektor khusus untuk lampu LED,kalau untuk lampu halogen atau biasa dapat menggunakan relektor dari mika / plastik untuk LED sebenernya mempunyai konstrusi yang khusus seperti yang ada di Honda Vario 110.

dsc_0401

Pinjem ya om kobay 😀

Lampu tidak langsung terekpose agak mumpet dikit .Dan satu lagi kelebihan lampu LED yaitu mempunyai umur yang cukup panjang dari 10.00 jam hingga 50.000 jam tergantung tipe dan harga pastinya :mrgreen: namun sangat disayangkan hargnya yang selangit menjadi ganjalan menggunakan lampu ini (padahal pengen :mrgreen: ) harga untuk lampu utama dari 250rb hingga 350rb rupiah.

Namun kalau lampu LED tidak berdiri sendiri biasanya ada beberapa titik lain mulai dari dua hingga puluhan titik dan kadang jika salah satu titik mati membuat pancaran cahaya menurun dan tampilan juga berkurang.Kadang untuk beberapa tipe lampu LED tidak tembus hujan dan kadang pada saat cahaya matahari bersinar lampu LED ini kalah karena kebanyakan berwarna putih.

Nah jika kita simpulkan dan tambahkan lampu LED mempunyai kelebihan .

  • Cahaya Terang
  • Rendah watt (18 watt setara 35 watt HID)
  • Umur Panjang
  • Tampilan Keren
  • Banyak pilihan warna (untuk lampu senja)
  • Pancaran cahaya dingin tidak seperti halogen dan bohlam biasa.

Namun ada kekurangan

  • Mahal :mrgreen:
  • Tidak tembus hujan. (tidak semua lho ya)
  • Cahaya kalah saat cuaca terik.
  • Jika mati beberapa titik membuat rugi (ganti mahal dibiarin tampilan dan pancaran cahaya turun :mrgreen: )

 

Last…untuk kelebihan dan kekurangan tidak berlaku untuk untuk semua jenis LED hanya beberapa saja dan tidak semuanya sama ,untuk RPM sendiri hanya menggunakan untuk lampu senja ,lampu rem f1,lampu fariasi kanan-kiri dan lampu rem biasa 😀 .Sekian semoga berguna dan bermanfaat sobar, monggo jika ada yang mau menambahkan 😀 – RPM.

Foto0805

 

Wassalamu’alaikum ..

baca juga sobar :

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 8 Agustus 2014, in Modifikasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 35 Komentar.

  1. tapi sekarang musim
    jadi pasti akan marak

  2. aku pasang led go lmp snj n lmp stop.

  3. pake hid projie juga makjoss

  4. mantap informasinya bos….

  5. Motor ane Skywave udah dari lahir lampu rem LED, Alhamdulillah udah 6 tahun lebih masih nyala semua.

  6. ane masang LED cuma buat lampu plat nopol…kalau lampu utama sih pengennya HID 😀

  7. lampu let bikin mata kita silau,, tu kekurangannya,, tapi dia lebih minim pemakai elektrik

  8. terima kasih atas artikelnya ,teruslah berkarya untuk bangsa dan negerimu by
    cara mendapatkan uang dari internet

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Different Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo [automotive news | review | etc]

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: