Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Underbone

footstep-racing-tdr

Assalamu’alaikum sobar 😀

 

RPMSUPER.COM – Footstep merupakan tempat dimana untuk kaki berpijak sesuai dengan namanya,footstep juga sebagai tempat kendali untuk mengganti gear dan juga untuk melakukan pengereman.Footstep sendiri dibagi dua jenis yaitu footstep standar pabrik dan juga footstep racing yang lazim disebut dengan underbone.

Footstep standar pasti sudah dihitung dengan  matang oleh para prosefor yang berkecimpung mulai dari kenyaman berkendara yang disesuaikan dengan rata-rata postur di negara tujuan dan menurut segitiga kenyaman.Namun pasti ada yang bosan dengan tampilan standar dan menggantuinya menggunakan embel-embel racing lagi salah satunya footstep racing.

Nah underbone sendiri ditujukan untuk arena balap yang membutuhkan tingkat kenyaman pembalap yang tinggi ,sisi aeoridinamis dll,namun pasti ada juga yang membawa dari arena balap untuk harian dan tujuan utamanya adalah untuk mendongkrak tampilan dan merasakan  sensasi berkendara bagaikan pembalap profesional.

Kali ini RPM ingin berbagi tentang kelebihan dan kekurangan menggunakan underbone ini walaupun RPM sendiri belum menggunakannyha tapi sudah ada niatan menggunakannya :mrgreen: .Semakin pesatnya pertumbuhan sang underbone kini underbone telah banyak tipe dan jenis serta kini sudah ada produk yang didesain khusus untuk sebuah motor.

Mulai dari motor bebek hingga motor sport entah itu naked maupun full fairing sudah tersedia,maka dari itu pemasangan sudah model PnP (Plug n Play) .Warna dan modelnyapun beragam terlebih bahan dasar yang digunakan ada yang dari babet ada juga yang dari alumunium CNC,bahan dasar biasanya mempengaruhi harga.

underbone-footstep-blkg-set-jupiter-mx

Ada yang model menyatu dengan step belakang

 

Yang RPM kurang suka dari sang underbone ini adalah pijakan kaki dari alumunium/babet semua tidak ada yang menggunakan karet (atau sRPM yang kurang gaul :mrgreen: ) yang pasti membuatnya licin walaupun sudah dibuat agak bergerigi pada permukaan footstep itu,jika tidak terbiasa pasti akan sering kepleset 😀 .

Usut punya usut menggunakan underbone menyebabkan rem belakang kurang pakem karena tuasnya yang begitu pendek (entah itu berlaku untuk rem cakram atau drum) dan untuk rem tromol kadang juga mengakibatkan switch rem tidak berfungsi 😮 .Konon lagi si underbone jika motor jatuh pijakan kaki langsung patah 😮 .

Namun menggunakan underbone juga dapat mengurangi hembusan angin kekaki kita karena agak menekuk kedalam ini mendukung bagi sobar yang speed-freak dan doyan cornering namun tikungan yang dapat mudah ditaklukan merupakan tikungan lebar.Berguna juga bagi yang suka riding pada malam hari membuat kaki tidak terlalu dingin.Lebih cocok dipadukan dengan stang pendek ataupun stang jepit selain membuat lebih nyaman juga membuat fungsi estetika yang lebih baik 😀 .

Nah jika kita simpulkan menggunakan underbone memiliki kelebihan :

  • Nyaman buat harian saja .
  • Asyik buat miring-miring.
  • Hembusan angin berkurang.
  • Tampilan menjadi lebih keren (racy look)
  • Cocok untuk speed-freak
  • Dapat merasakan sensai berkendara motor balap :mrgreen:

Namun underbone juga memiliki kelemahan :

  • Buat perjalanan jauh kurang nyaman.
  • Pijakan kaki lebih licin.
  • Rem bisa kurang pakem dan switch rem tidak berfungsi.

Last..Nah karena RPM lagi pengen jadi masih banyak kepikiran lebihnya :mrgreen:  monggo jika ada dari kawan yang mau menambahkan atau mengoreksi .Sekian dari saya ,mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 –  RPM .

Wassalamu’alaikum 😀 …

Baca juga :

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 15 Agustus 2014, in Info, Modifikasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. mantapp
    pernah coba di jupe dulu, emang bener poin2 di atas
    kalo belok maunya rebah mulu..
    jangan lupa pake ban gede :mrgreen:

  2. stater engkol masih bisa dipakai kah?

  3. dulu satria 2tak klo mau enak pake punya rgr + beli selahan kakinya sekalian.. jadi plek plek aja..

  4. knp gk pake karet? krn step underbone underbone bwt balap.. kl bwt balap yg penting feel rider sm motor nyatu.. makany step gk ada karet,. jok jg tipis.. biar feel getaran etc bs kerasa ke rider..

  1. Ping-balik: Suka Duka Menggunakan Footstep Underbone | RPMSUPER.COM

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: