Kenapa Handguard MotoGP Cuma Sebelah ?

brakeguard-2

Assalamu’alaikum 😀 ..

RPMSUPER.COM – MotoGP merupakan balapan roda dua yang paling bergengsi di dunia hal yang ada di motoGP sebagian besar menjadi acuan sebagai modifikasi,teknologi bahkan untuk tag-line sebuah produk.MotoGP merupakan jet darat yang beroda dua maka dari itu balapan ini membutuhkan piranti keselamatan yang bertaraf tinggi.

Sering kita lihat pembalap motoGP kini telah  menggunakan yang namanya leverguard atau pelindung tuas rem,hal ini mulai diwajibkan untuk semua pembalap guna keselamatan dirinya sendiri dan pembalap lain.

Lever-guard ini dipilih karena mempunyai bentuk yang simple hanya setangkai besi yang panjangnya tak lebih dari 15 cm yang melingkar di tuas rem sang pembalap.Selain itu lever-guard ini mempunyai bobot yang ringan dan tidak menganggu aspek aerodinamis yang sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrik kontestan.

Nah yang kadang timbul pertanyaan kenapa hanya dibagian kanan saja ? ,mengapa tak kedua sisi sekaligus ? .Nah mungkin yang belum tau ternyata lever-guard yang hanya ditempatkan disebelah kanan untuk melindungi tuas rem depan agar tidak tertekan saat pembalap bersenggolan maupun saat terjadi kecelakaan maupun patah saat motor terjatuh.

Bayangkan dengan rem yang sangat pakem tiba-tiba tersenggol oleh pembalap lain,bisa-bisa stoppie ditempat :mrgreen: sekaligus membahayakan pembala yang bersangkutan .Berarti disebelah kiri tidak terlalu berbahaya karena hanya ada tuas kopling namun pembalap juga harus waspada walaupun tidak sebahaya disebelah kanan.

senggolan-marquez-vs-lorenzo-jerez-2013

Bisa saja kejadian 😮

Dan ini adalah contoh utama keharusan menggunakan perangkat ini

[youtube:https://www.youtube.com/watch?v=AOwNOT-BlG8%5D

Nah hal ini langsung dibawa dibalapan Indonesia untuk mewajibkan semua kontestan memasang pelindung handle ini,namun bedanya di Indonesia menggunakan pada kedua sisi stang yaitu di kanan dan di kiri.Entah apa tujuan utama memasang dibagian kiri juga mungkin untuk memberi keselamatan ekstra bagi pembalap.

img_3516

Pict from iwanbanaran.com. Tuh pakai dikanan kiri stang

Nah karena motoGP sering digunakan sebagai kiblat modifikasi,hal ini sudah dibawa untuk modifikasi harian maupun kontes.Memang meningkatkan penampilan si-motor dan pabrikan berlomba menciptakan produk ini yang terbaik,namun usut punya usut lever-guard yang dipasarkan adalah model tempel dan bisa saja terlepas ditengah jalan 😮 .

Hargnyapun berfariasi dari 140rb tergantung bahan dan warna yang anda pilih .Bahan yang bagus biasanya dari Alumunium dan kebanyakan sudah ada cadangan batang pelindung jika suatu saat patah bisa langsung mengganti tanpa harus mengganti satu paket.

brakeguard-1

Menambah tingkat keselamatan

handguardala

Menambah keren tampilan

Last…perkembangan ini cukup berguna untuk harian ,apalagi untuk turun balap .Mungkin cukup segitu saja topik yang kita bahas hari ini ,mungkin ada tambahan dari sobat semua dan mungkin jika ada kesalahan mohon revisinya .Sekian mohon undur diri,semoga berguna dan bermanfaat bagi semua 😀 – RPM .

Wassalamu’alaikum .. 😀

Baca juga sob :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 22 Agustus 2014, in Info, Modifikasi, Uncategorized and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 51 Komentar.

  1. Pengen ue dipasang di supra. Harganya berapa ya…

  2. Lagi husyu baca eh kburu liat bonusnya hehe,,, ulang agi ahhhh
    Emg prlu 2 sisi sih, tp yg paling pnting sblh kanan. ya rem super pakem tadi. kecuali motoGP pake matic 🙂

    http://peysblog.wordpress.com/2014/08/22/naturide-1-wooow-vario-penjelajah-alam-liar/

  3. itu logo OSIS nya bisa ngejendol gitu.!?
    apakah ada lever guard di dalemnya?? :mrgreen:

  4. gawe antena wifi lek. ngoahahaha

  5. motogp 2006 catalunya penyebabnya, awal start menjelang tikungan pertama pedal rem gibernau nyenggol fairing cappirosi.

  6. memang dasarnya tragedi salto itu… aku juga pake cuma di stang kanan 😀

  7. ikut nyimak dulu

  8. Indonesia pake kanan kiri soalny yg bikin aksesoris bego,. gk tau fungsi,. makany dibuatlah dua,. kanan kiri.. tp bs jg mungkin krn aspek estetika-aneh kl cm dipasang sebelah..

  9. bahan dari cnc maksutnya gimana mas bro?

  10. soalnya motogp kaya motor bebek jadi dipasang di kanan doang

  11. semua keren keren,, cuma yang paling bawah lebih keren ,, yang osis,,,!

  12. yang dilindungi cuma rem .. kalau kopling ga perlu 😀

    IRS 150 Pembalapan kawakan Hendriansyah Finish nomor 1 padahal start dari urutan 14, Suzuki FU masih belum ada yang ngrecokin

    http://sijidewe.com/2014/08/24/irs-150-cc-round-3-suzuki-masih-digdaya-dimenangi-oleh-hendriansyah-start-dari-ururtan-ke-14/

  13. kopling ya perlu juga sih, bayangkan bila pas fight, senggolan dan kopling tertekan & terlepas, ban belakang bakalan spin trus ndlosor 🙂

    ————–

    reuni bolang masa kecil

    http://www.bladeus.wordpress.com/2014/08/25/sunday-riding-mengenang-masa-kecil/

  14. dipasang kanan & kiri biar gak berat sebelah 😆

  15. kalo kita untuk nglindungin telapak tangan kanan om…. jadi biar sopan kalo salaman… masa salaman pake tangan kiri… kan bau, abis cebok…. kwakwakwa….

  16. karena yg kanan lebih bahaya klo kesenggol, dan yg walaupun patah tidak menganggu kerja pembalap, karena tidak digunakan.. begitu…

    buat bahan bacaan, jg yang berminat
    http://www.latihansoal.com/?id=12OM1

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

Fightomotive

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Harga, Pajak, Modifikasi

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

CAHBROGO

Blog Otomotif Roda Dua Indonesia | Update Informasi Motor Terbaru

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

OtoBeken

All About Automotive, Gadgets, and Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor terbaru dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki.

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

%d blogger menyukai ini: