Pasang Cakram Lebar Jangan Sembarangan

Assalamu’alaikum brother 😀 ..

cakram lebar

 

RPMSUPER.COM – Rem merupakan piranti yang wajib ada dalam kendaraan termasuk sepeda motor ,karena  menyangkut keselamatan sang pengendara itu sendiri .Rem yang sering digunakan sekarang adalah rem tipe cakram,hampir semua pabrikan sudah mengapilkasikan ini untuk rem depan dan banyak juga yang diaplikasikan untuk rem belakang.

Dilihat dari namanya rem ini membutuhkan  cakram sebagai media gesek dengan kampas rem untuk mengurangi dan menghentikan laju motor.Nah biasanya lebar cakram yang didesain pabrikan sudah dihitung dengan matang dengan hal yang mempengaruhinya ,misal lamanya menghentikan laju motor ,daya tahan dll .

Namun banyak bikers yang mengganti diameter cakramnya dengan ukuran yang lebih lebar dari ukuran standar dengan alasan agar lebih pakem dan membuat tampilan semakin keren.Cakram motor mempunyai harga yang sangat beragam mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah,biasanya harga mempengaruhi kualitas dari cakram itu sendiri.

Cakram juga ada yang universal untuk semua motor namun ada juga yang khsusus untuk salah satu atau dua  motor agar motor yang dimaksud dapat memasangnya tanpa harus merubah apapun alias PnP (Plug n Play) yang biasanya sudah dilengkapi braket khusus dari produsen yang membuat .Untuk cakram untuk universal biasanya harus membuat braket sendiri .

cakram1

Sudah ada braketnya 😀

 

Cakram mempunyai model yang amat beragam yang membuatnya semakin keren,namun jangan memilih model yang terlalu rumit.Pilih saja yang cuma lingkaran atau hanya ada variasi sedikit pada cakram tersebut karena juga akan mempengaruhi daya cengkram terhadap kampas rem ,namun untuk ini terserah sobat semua karena alasan mengganti cakram lebar bisa berbeda .

Nah untuk yang model universal dalam membuat braket harus dihitung dengan teliti dan cermat jangan sampai miring karena itu akan membuat habisnya kampas rem tidak merata dan daya rem tidak terlalu pakem,membuat braket cakram minimal dengan ketebalan 5 mm agar aman saat digunakan .Jangan lupa memilih cakram dengan kualitas material yang bagus agar saat digunakan tidak terjadi hal yang tidak diingikan seperti melengkung saat cakram panas dan ngeloss karena kualiatas material rendah .

Karena menggunakan cakram lebar dapat membuat rem lebih pakem,ha ini mengakibatkan kampas rem akan lebih cepat habis karena bidang rem semakin lebar .Bagi yang belum terbiasa akan berbahaya juga karena hanya dengan menekan tuas rem sedikit rem sudah bekerja dengan baik ,untuk yang tidak terbiasa bisa kaget bahkan ngesot karena masih terbiasa menekan tuas rem dengan dalam .

Cakram lebar juga mempunyai kelebihan cepat melepas panas dari gesekan cakram dengan kampas rem seperti yang telah diterapkan motoGP yang kini menggunakan cakram yang lebih lebar agar panas lebih cepat menurun suhunya .Saat pertama menggantika jangan langsung digunakan untuk mengerem dengan ekstrem karena bidang rem belum terbentuk dan biasanya membutuhkan waktu 2-3 hari .

Last ..mungkin dari diskripsi diatas ada yang mau menambahkan ? ,atau ada yang mau berbagi pengalaman bagi yang telang menggunakan cakram lebar termasuk plus minusnya .Sekian dari saya ,mohon untuk diri .Semoga berguna dan bermanfaat 😀 RPM – . 

Wassalamu’alaikum 😀 ..

 

Baca juga :

 

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 7 September 2014, in Info, Modifikasi and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 20 Komentar.

  1. mau pasang tapi kalau nggak ber merk nggak berani… wkwk jadinya ya belum masang yang lebar lebar

    http://goo.gl/ugYSKf

  2. blm pernah pake cakram begituan…masih suka standart….ogah biaya tambahan soale 😉 pengiritan mas bro.. 😳

  3. selama ini nyobak d temen2 yg pake masih pakeman ori.nya

  4. bagaimanapun setandar lebih aman dan nyaman bang..IMHO sih ^_^

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Tech Blog by Cakdan

GADGET | AUTOMOTIVES | TECH | TRENDS | INFOGRAPHICS | ANALYSIS | INDEPTH NEWS

jbkderry.com

Ada banyak hal dalam hidup yang baik untuk diabadikan

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif | Motor | Mobil | Kecelakaan | Modifikasi

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

CAHBROGO

BERITA OTOMOTIF | REVIEW | SHARING | GADGET CORNER

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

MOTOBLAST

Berita & Modifikasi Striping dan Rendering Motor Indonesia

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blogger, Publisher

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

%d blogger menyukai ini: