Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger

Assalamu’alaikum brader semua jumpa lagi 😀 ..

kopling racing1

RPMSUPER.COM – Kopling merupakan piranti yang bekerja sebagai pemutus dan penyambung tenaga mesin yang akan berakhir sebagai putaran roda menjadikan kopling menjadi peranan yang amat penting bagi sepeda motor (kecuali matic -red )  terlebih untuk sepeda motor kopling manual .Nah untuk itu kita membutuhkan kopling yang prima .

Kopling sendiri mempunyai dua bagian yang paling penting  yaitu  per kopling dan kampas kopling .Per kopling tugasnya menekan kampas kopling sedangkan kampas kopling bertugas sebagai pemutus dan pentransfer tenaga dari mesin ,keduanya memiliki usia pakai yang terbatas dan tidak bisa dipakai selamanya .Nah untuk ciri-ciri kampas kopling yang sudah aus bisa dicek pada artikel lawas disini bro 😀 .

RPM sendiri telah menggati kampas dan per kopling pada tunggangan RPM yaitu dengan mengambil set motor Honda Tiger namun bermerk racing (racing mulu :mrgreen: ) bisa dilihat dari judul kita diatas .Namun RPM hanya bisa menyicilnya satu persatu sambil memilah mana yang bagus hingga yang super ,akhirnya pembelian pertama dijatuhkan kepada per kopling racing merk TDR untuk Honda Tiger dengan harga Rp 65.000 (harga diskon :mrgreen: ) yang bertuliskan new specs 😀 .

Nah untuk kampas kopling RPM sedikit lebih teliti lagi dalam mencarinya dan searching via mbah google dan teman-teman dari mas facebook akhirnya bisa substitusi menggunakan kampas kopling Honda Tiger .Akirhirnya RPM berburu dah kampas kopling Honda Tiger dari yang original pabrik hingga label racing ,setelah lama mencari akhirnya pilihan jatuh kepada kampas kopling merk Daytona yang berbandrol Rp 180.000 (beda jauh sama pernya 😮 ) .

Untuk beberapa waktu disimpan dulu di lemari dan pada penggantian di sesuaikan dengan jadwal ganti oli ,kemudian pada hari Jum’at tanggal 24 Oktober sudah waktunya mengganti oli dan diputuskan sekalian pasang si per dan kampas kopling racing ini .Untuk oli RPM sudah mendapatkan jodohnya yaitu BM1 :mrgreen: PC 1000 15-40W dengan bandrol Rp 55.000 tipe semi-sintetik .

kopling edition

 

Skip skip pasang ke bengkel langganan ternyata pemasangannya cukup cepat ,namun menunggu orangnya yang lama :mrgreen: ,pas dibuka blok mesin kanan weitss masih kinclog euy :mrgreen:.Sesudah dibongkar,RPM mencoba membandingkan per kopling ori dan per TDR .Dilihat dari tinggi per tidak berbeda jauh mungkin hanya setengah sentimeter saja untuk tingkat kekerasan per RPM malah belum mencoba 😮 .Lanjut kekampas kopling,kampas kopling Daytona dari fisiknya mempunyai warna hitam dengan beberapa warna kuning (itu apa ya bro ? ) dan kampas kopling ori berwarna coklat tua dengan plat kopling berwarna coklat kemerahan .

kopling racing1

Masing Kinclong :mrgreen:

 

Saat proses pemasangan si mekanik bilang untuk per kopling langsung bisa kalau kampas kopling kurang yakin ,dan benar saja saat dibongkat kampas kopling Daytona dan ori ada perbedaa yaitu untuk kampas kopling ori terdiri 5 lembar dengan ukuran besar semua sedangkan kampas kopling Daytona 4 lemabar besar dan 1 lembar kecil (karena kampas kopling ini untuk Honda Tiger ) terpaksa harus menyelipkan kampas kopling ori dibarisan kampas kopling racing dan untuk kampas kopling yang kecil jadi menganggur karena tidak terpakai 😮 .

daytona+tdr1

 

Untuk review singkat selama dua hari (dari hari Jum’at – red ) ,saat pertama keluar bengkel ketika kopling dilepas laju motor putus-putus bro ! kata sang mekanik sih kampas koplingnya belum basah dan untuk tuas kopling dirasa tidak ada perbedaan yang signifikan masih empuk seperti yang dulu 😮 namun malah menjadi nilai plus nya 😀 .Untuk akselerasi dirasa sama saja namun jauh lebih menghentak saat kopling dilepas 😀 .

Untuk estimasi biaya yuk kita jumlah .

1.Per Kopling TDR Racing     Rp 65.000

2.Kampas Kopling Daytona  Rp 180.000

3,Oli mesin BM1 PC 1000     Rp 55.000

4.Biaya pasang di bengkel   Rp 24.000

Total nya adalah  Rp 324.000 ternyata cukup banyak juga 😮 ,namun tidak terasa karena membelinya terpisah dan rentang waktu yang agak lama :mrgreen:

 

Last…harga tiap daerah bisa saja berbeda dan untuk oli mesin bebas sesuai pilihan brader semua ,untuk pemasangan bagi brader yang memiliki keahlian dibidang ini bisa pasang sendiri untuk menghemat dana 😀 .Dan artikel ini bukan untuk promosi,artikel ini hanya sekedar untu sharing pengalaman saja .Mungkin ada brader yang sudah mencoba dengan tunggangan sobat ? monggo si share .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 -RPM .

Wassalamu’alaikum 😀 .

Baca juga bro :

 

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 26 Oktober 2014, in Honda, Info, Modifikasi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. ongkosnya murah bener 😀

  2. Wooooh pas dipasang kampasnya dah di basahin pake oli kan bro??

  3. aku kapan ya ganti kampas kopling

  4. enak ya dah pasang yg racing-racing 😀 ane masih standaran aja…

  5. wedyan itu mesin masih bersih bingit, pake bm1 terus?
    wah aku nggak suka racing2,,’kanvas pake kawasaki ZX130 saja, perkopling shougun/ ninja aku lupa

  6. belum pernah modif daleman mesin ueyyy.. 😉

  7. per+kopling racing kalo di sentak2 yg kalah ntar kopling house nya (kemakan) lho….

  8. Pake rumah kopling 6 kaki. Lainnya kampas plat per dll standart aja, itu aja pasti maknyus..

  9. blog keren banget nih…nice info braiiiii

  10. It mtor megapro kh bro?
    Kmpasnya Ap bgusan Daytona drpd TDRny maz brow

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: