Jangka Waktu Penggantian Water Coolant / Air Radiator

Assalamu’alaikum brader semua 😀 …

Radiator-sepeda-motor

 

RPMSUPER.COM – Semakin bertambahnya tahun semakin bertambah pula kemajuan teknologi tak terkecuali untuk kendaraan bermotor dalam sistem pendinginan yang dulunya hanya mengandalkan sirkulasi udara (air cooler ) atau menggunakan AC alami :mrgreen: ,kemudian menggunakan sirkulasi oli yang biasa disebut oil cooler kemudian menggunakan pendinginan cairan yang disebut liquid cooler .

Liquid cooler juga dikenal dengan pendingin radiator memang sudah banyak diaplikasikan kepada hampir semua motor mulai dari  motor matic hingga motor gede yang ribuan cc .Pendingin mesin tipe ini memang dipercaya paling ampuh dalam menstabilkan suhu dan menurunkan suhu mesin setelah digunakan berkendara .

Cara kerjanya memompa cairan yang ada di radiator yang kemudian dialirkan ke beberapa bagian mesin seperti head blok mesin ,karena pembakaran didalam mesin hingga ribuan derajat selsius .Cairan tersebut berputar secara terus menerus untuk itu ditambahkan kipas (fan ) yang berguna menurunkan suhu cairan yang akan bersirkulasi kembali,hasil dari liquid cooler ini adalah suhu mesin yang stabil dan tidak gampang mencapai overheat

Nah kadang yang menjadi permasalahan adalah keluhan dari kipas/fan radiator tidak/jarang berputar itu karena dikarenakan suhu mesin belum mencapai batas minimum kerja kipas pendingin ,walaupun sudah diapakai perjalanan agak jauh .Kalau memang belum mencapai suhu yang pas ya tidak akan berputar karena suhu mesin sendiri sudah otomatis dihitung oleh termostat yang ada didalam.

Kapan biasanya kipas pendingin berputar ? ,biasanya ketika suhunya sudah berada dititik diatas 100 derajat selsius (setara dengan air yang sedan mendidih) ,jika sudah mencapai titik tersebut barulah kipas pendingin akan berputar kecuali jika kelistikan lagi error ataupun kipas  pendingin tersebut sudah wafat :mrgreen: (kedua ini tidak termasuk lho ya ) .

Banyak yang beranggapan pendingin tipe ini sudah tanpa perawatan ,padahal itu salah besar ! .Pendingin tipe ini hars diganti secara berkala biasanya diganti setiap 8000 km (untuk motor matic ) , 10000-20000 km  untuk motor sport .Kenapa motor matic lebih cepat penggantian perodiknya ? ,karena motor matic mempunyai letak liquid cooler yang tertutup (biasanya disamping bodi ) .Berbeda dengan motor jenis sport yang radiatornya terekspos yang bisa mendapat hembusan air secara bebas ,untuk harga cairan oendingin cukup murah dimulai dari belasan ribu rupiah .

Selain itu perlu dicek juga ketinggian dari cairan pendingi jangan melebihi garis maksimal (upper ) dan juga jangan sampai melewati batas minimal (lower) karena jika melebihnya bisa berakibat motor akan cepat overheat .Tak hanya itu ,sirip-sirip diradiator harus diperhatikan jangan sampai ada yang menekuk ataupun terselip oleh krikil ,jika ditemukan hal tersebut langsugn diluruskan dengan menggunakan obeng min .

sirip radiator

Pict from cicakkreatip.com

 

Last…perawatan yang maksimal akan membeikan hasil yang maksimal juga ,ayo bagi owner motor berpendingin cairan jangan malas cek dan merawatnya agar motor tetap adem :mrgreen:  dan juga dapat menghindari biaya tak terduga karena hasil malas merawat ini .Kalau RPM si males banget merawatnya (padahal nggak punya motor yang pakai radiator :mrgreen: ) .Sekian mohon undur diri ,semoga berguna dan bermanfaat 😀 –RPM .

Wassalamu’alaikum ,,

baca juga :

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 5 November 2014, in Info, Tips, Trick and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 13 Komentar.

  1. Masih pakai pendingin alami 😀

    ========

    Yamaha Byson Modif Trail Klasik ala Deus Dibanderol Rp 140 Juta Saja http://klxadventure.com/2014/11/03/yamaha-byson-modif-trail-klasik-ala-deus-dibandrol-rp-140-juta-saja/

  2. dl pake ninja ampir 2 tahun gak pernah kuras radiator…
    sekarang pake vario125 dah 2 tahun setengah 25ribu KM jg belum pernah nguras… hahahahaha

  3. kalo air radiator di reservoir kurang malah bahaya, kalo lebih gak papa toh nanti juga bakal terbuang lewat saluran pembuangan di reservoir. gak bakal overheat

    • ya jangan sampai kurang ,kelebihan hasilnya juga gk bagus ,terlalu banyak yang ditampung semakin berat water jacket mengalirkan cairan

      • kan air dalam radiator itu otomatis menyesuaikan suhu mas, kalo panas itu air dalam radiator akan berkurang dan lari ke reservoir. lewatnya di tutup radiator yg ada pegasnya.
        kalo dingin radiatornya akan nyedot air dari reservoir dengan sendirinya karena kevakuman dalam radiator. nah jika air dalam reservoir kurang maka yg disedot cuma angin,
        sedangkan kalo isinya kelebihan ya gak papa paling nanti juga terbuang ke luar reservoir. gak ada efek ke mesin namun hanya buang-buang air radiator saja.
        CMIIW,

        kalo hubungan antara air radiator yg banyak vs water jaket itu apa mas?

      • wiih berarti saya nggak nyambung ya :mrgreen: ,makasih ilmunya pak dhe 😀

  4. Nah. Sirip motor aye juga gitu mas. Mereng mereng. Hehheehe. Rajin kuras radiator ± per 5000km. Lebih awal dibanding jadwal seharusnya. Toh airnya juga murah. Yg penting perawatannya

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Different Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo [automotive news | review | etc]

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: