Pasang Ban Tapak Lebar

Asslamau’alaikum brother ,jumpa lagi bersama RPM 😀

IMG_20150123_141324

RPMSUPER.COM – Ban merupakan penggerak sepeda motor yang mendapat tenaga dari mesin kemudian disalurkan menuju ban dengan perantara rantai dan gear depan belakang .Ban juga dapat meredam goncangan secara langsung terhadap pengendara,itulah mengapa kita tidak dianjurkan memompa ban terlalu keras .

Pada kesempatan kali ini,RPM ingin berbagi tentang  memasang velg dan ban tapak lebar kepada si Black Shadow .Namun,secara garis besar langkah-langkahnya hampir sama dengan semua motor.

Saat diproduksi pabrika pasti sudah menghitung ukuran ban yang sesuai agar efisein dan tetap safety saat dikendarai.Namun,tidak semua orang puas akan perhitungan yang dilakukan para insinyur ,ada yang mengganti ukuran ban dengan ukuran yang lebih kecil untuk mengejar efisien dan mengganti ukuran ban lebih besar untuk mengejar tampilan dan safety .

Tidak terkecuali RPM,RPM juga mengganti ban bawaan New Megapro dengan velg aftermarket merk Sprint ,mungkin bukan merk yang cukup terkenal.Namun,kualitasnya tergolong bagus untuk golongan velg aftermarket,ya walaupun tidak seterkenal merk Axioo dan Chemco .

RPM memang sudah lama mengidam-idamkan velg dengan tapak lebar ,karena RPM menganggap kurang macho :mrgreen: ,dan dengan bersabar akhirnya mendapatkan velg dengan tapak lebar .Akhirnya pada hari Selasa,20 Januari 2015 tersampai juga membeli ban tapak lebar :mrgreen: .

Velg ini dibeli dengan kondisi bekas tangan ke 2 (sekarang ditangan RPM menjadi tangan ke-3) didapatkan dari rekan RPM dengan harga Rp 800.000 sudah termasuk ini itu yang dibutuhakan dan sudah khusus untuk Honda New Megapro .Untuk model velg sendiri tidak jauh beda dengan velg orinya yaitu palang enam ,untuk bahan kurang tahu tapi dari suara ketukan dengan besi hampir sama 😀 .

Untuk spesifikasi velg Sprint , ban depan IRC NF 25 100/80 (ban belakang ori  NMP ) , ban belakang Bridgestron GT25R ukuran 130/70,gear belakang ukuran 46 dan lainnya termasuk bearing .Setelah velg berhasil digondol ,RPM langsung meluncur ke bengkel langganan ,pemasangan terdapat kendala yaitu as roda longgar dengan bearing.Velg tetap dipasangkan walaupun begitu langsung dipasang saja .

Menurut informasi yang RPM dapat ,jika ingin menggunakan ban tapak lebar harus menaikan mata gear.Kebetulan itu sudah termasuk paket pembelian yaitu gear dengan 46 mata .RPM sebenarnya ingin menggunakan gear 43 (karena gearnya masih seminggu :mrgreen: ) ternyata berbeda ,ya sudah menggunakan gear dari velg tersebut .

IMG_20150120_154927

Velg belakang dengan gear 46 mata

 

 

Kemudian,kendala kedua pada ban depan yaitu spakbor depan tidak muat dimasuki ban ukuran 100/80 ,karena hari sudah sore akhirnya dipusutkan dengan tidak menggunakan spakbor selama sehari (supermoto gitu lhoh :mrgreen: ) .Lalu,pada esoknya diganti dengan menggunakan spakbor variasi model Ninja 250 FI (untuk pemasangannya di artikel terpisah ya 😀 ) .

Setelah spakbor berhasil dipasang ,ternyata baru disadari speedometer tidak berjalan dengan terus menunjuka kecepatan0 km/h .Ternyata magnet pada velg ori belum dipindah 😀 .Dan plek langsung terpasang ,dan baru disadari lagi ternyata ban belakang seret minta main dan RPM cuek saja .Ternyata penyebab ban seret adalah standar tengah bergesekan dengan ban belakang 😮 .

IMG_20150123_132802

Langsung saja menuju tempat las karbit ,disana standar tengah dilebarkan kemudian disambung denga karbit dan selesai dengan biaya Rp 20.000 saja 😀 .

IMG_20150123_133829

Proses saat melebarkan standar tengah

Setelah semua masalah terselesaikan ,diberi pemanis berupa list velg dan cutting sticker dibeberapa part dan menghabiskan dana Rp 55.000 😮 .Dan bagaiamana review sementara menggunakan ban tapak lebar ? .Motor sangat stabil saat berjalan dikecepatan sedang maupun tinggi ,tampilan makin padat , makin asyik ketemu tikungan .

Namun,ada beberapa kekurangan yaitu banyak memakan korban contoh kampas rem ,gear dan rantai pasti lebih cepat aus ,konsumsi bbm boros dan spakbor kolong yang sudah dipasang tidak muat 😮 serta top speed agak drop karena berat total menjadi bertambah dan gear yang dignati dengan ukuran besar .Sekedar tambahn tekanan ban harus diperhatikan ,jangan terlalu keras karena gesekan ban ke aspal semakin kecil dan membuat (maaf) pantat sakit karena guncangan tidak diredam oleh ban .

Nah untuk total biaya sebagai berikut :

1.Ban+velg+gear Rp 800.000

2.Spakbor Ninja  Rp 60.000

3.Biaya bengkel    Rp 48.000

4.Biaya las karbit Rp 20.000

5.Scotlite                  Rp 55.000

6.Braket                    Rp 13.000

Total biaya          Rp  996.000

Cukup wow untuk kantok cetek semacam RPm :mrgreen: )

Berikut beberapa foto sebelum dan sesudah mengganti ban tapal lebar 😀 .

IMG_20150120_155812

Sebelum 😀

 

IMG_20150123_141352

Tampak depan 😀

 

IMG_20150123_141312

Ban Depan 😀

IMG_20150123_141333

Tampak samping dan belakang 😀

IMG_20150123_141324

Ban belakang 😀

 

 

Last..mungkin hanya dapat sedikit yang dapat RPM sampaikan ,mungkin sobat RPM ada yang sudah memasang ban tapak lebar ? monggo dishare suka dan dukanya menggunakan ban tersebut .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 . – RPM

 

Baca juga bro 😀 ..

 

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 24 Januari 2015, in Info, Modifkasi, RPM and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 18 Komentar.

  1. wohh mantap
    ada perubahan feel berkendara gak

  2. joss postingan yg selalu menginspirasi

  3. Axioo bikin ban juga… 😉

  4. keren brooo.. jadi lebih keker

  5. mw tnya nich om motor syakan jup z, ban depan dn ban belakangnya msih standar yaitu depan 70/90 dn belkang 80/90..lalu sya liat tmn sya pnya jupi z jg tp bannya dgnti dgn ukuran depan 80/80 dn belakang 90/80…pertanyaannya lbih bgus dn enak mna dikendrainya antara ban depan 70/90 dn blkng 80/90 dgn ban depan 80/80 dn belakang 90/80 om..?

    • tergantung pemakaian bro ,kalau cuma buat harian mah cukup yang 70/90 dn 80/90 ,tapi kalau dari segi tampilan bagusan yang 80/80 dn 90/80 namun tarikannya lebih berat tapi lebih stabil dari yang sebelumnya 😀

    • velgnya masi std apa nga Om ? setahu saya Jup Z velgnya kecil. kl dipasang ban lebar profil bannya jadi V. bagusnya ban itu bentuknya U.

      saya pernah pasang bang 90/90 di velg std grand (1.40), Hasilnya ban terlhat besar, tp yang napak ke jalan hanya sebagian kecil tengahnya saja.
      ketika saatnya ganti ban, ban hanya botak di tengah saja, pinggirannya masi tebal dan bagus.

  6. bener”mirip ya battlax sama corsa hha..mantep bro
    nmpang juga ya bro
    Vixionnet.blogspot.com
    \

  7. mas itu shock belakang nya uda di tinggi kan to mas ?

    sip tenan gagah 🙂

Tinggalkan Balasan ke Mase Batalkan balasan

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news