Pasang Ban Tapak Lebar
Asslamau’alaikum brother ,jumpa lagi bersama RPM 😀
RPMSUPER.COM – Ban merupakan penggerak sepeda motor yang mendapat tenaga dari mesin kemudian disalurkan menuju ban dengan perantara rantai dan gear depan belakang .Ban juga dapat meredam goncangan secara langsung terhadap pengendara,itulah mengapa kita tidak dianjurkan memompa ban terlalu keras .
Pada kesempatan kali ini,RPM ingin berbagi tentang memasang velg dan ban tapak lebar kepada si Black Shadow .Namun,secara garis besar langkah-langkahnya hampir sama dengan semua motor.
Saat diproduksi pabrika pasti sudah menghitung ukuran ban yang sesuai agar efisein dan tetap safety saat dikendarai.Namun,tidak semua orang puas akan perhitungan yang dilakukan para insinyur ,ada yang mengganti ukuran ban dengan ukuran yang lebih kecil untuk mengejar efisien dan mengganti ukuran ban lebih besar untuk mengejar tampilan dan safety .
Tidak terkecuali RPM,RPM juga mengganti ban bawaan New Megapro dengan velg aftermarket merk Sprint ,mungkin bukan merk yang cukup terkenal.Namun,kualitasnya tergolong bagus untuk golongan velg aftermarket,ya walaupun tidak seterkenal merk Axioo dan Chemco .
RPM memang sudah lama mengidam-idamkan velg dengan tapak lebar ,karena RPM menganggap kurang macho ,dan dengan bersabar akhirnya mendapatkan velg dengan tapak lebar .Akhirnya pada hari Selasa,20 Januari 2015 tersampai juga membeli ban tapak lebar .
Velg ini dibeli dengan kondisi bekas tangan ke 2 (sekarang ditangan RPM menjadi tangan ke-3) didapatkan dari rekan RPM dengan harga Rp 800.000 sudah termasuk ini itu yang dibutuhakan dan sudah khusus untuk Honda New Megapro .Untuk model velg sendiri tidak jauh beda dengan velg orinya yaitu palang enam ,untuk bahan kurang tahu tapi dari suara ketukan dengan besi hampir sama 😀 .
Untuk spesifikasi velg Sprint , ban depan IRC NF 25 100/80 (ban belakang ori NMP ) , ban belakang Bridgestron GT25R ukuran 130/70,gear belakang ukuran 46 dan lainnya termasuk bearing .Setelah velg berhasil digondol ,RPM langsung meluncur ke bengkel langganan ,pemasangan terdapat kendala yaitu as roda longgar dengan bearing.Velg tetap dipasangkan walaupun begitu langsung dipasang saja .
Menurut informasi yang RPM dapat ,jika ingin menggunakan ban tapak lebar harus menaikan mata gear.Kebetulan itu sudah termasuk paket pembelian yaitu gear dengan 46 mata .RPM sebenarnya ingin menggunakan gear 43 (karena gearnya masih seminggu ) ternyata berbeda ,ya sudah menggunakan gear dari velg tersebut .
Kemudian,kendala kedua pada ban depan yaitu spakbor depan tidak muat dimasuki ban ukuran 100/80 ,karena hari sudah sore akhirnya dipusutkan dengan tidak menggunakan spakbor selama sehari (supermoto gitu lhoh ) .Lalu,pada esoknya diganti dengan menggunakan spakbor variasi model Ninja 250 FI (untuk pemasangannya di artikel terpisah ya 😀 ) .
Setelah spakbor berhasil dipasang ,ternyata baru disadari speedometer tidak berjalan dengan terus menunjuka kecepatan0 km/h .Ternyata magnet pada velg ori belum dipindah 😀 .Dan plek langsung terpasang ,dan baru disadari lagi ternyata ban belakang seret minta main dan RPM cuek saja .Ternyata penyebab ban seret adalah standar tengah bergesekan dengan ban belakang 😮 .
Langsung saja menuju tempat las karbit ,disana standar tengah dilebarkan kemudian disambung denga karbit dan selesai dengan biaya Rp 20.000 saja 😀 .
Setelah semua masalah terselesaikan ,diberi pemanis berupa list velg dan cutting sticker dibeberapa part dan menghabiskan dana Rp 55.000 😮 .Dan bagaiamana review sementara menggunakan ban tapak lebar ? .Motor sangat stabil saat berjalan dikecepatan sedang maupun tinggi ,tampilan makin padat , makin asyik ketemu tikungan .
Namun,ada beberapa kekurangan yaitu banyak memakan korban contoh kampas rem ,gear dan rantai pasti lebih cepat aus ,konsumsi bbm boros dan spakbor kolong yang sudah dipasang tidak muat 😮 serta top speed agak drop karena berat total menjadi bertambah dan gear yang dignati dengan ukuran besar .Sekedar tambahn tekanan ban harus diperhatikan ,jangan terlalu keras karena gesekan ban ke aspal semakin kecil dan membuat (maaf) pantat sakit karena guncangan tidak diredam oleh ban .
Nah untuk total biaya sebagai berikut :
1.Ban+velg+gear Rp 800.000
2.Spakbor Ninja Rp 60.000
3.Biaya bengkel Rp 48.000
4.Biaya las karbit Rp 20.000
5.Scotlite Rp 55.000
6.Braket Rp 13.000
Total biaya Rp 996.000
Cukup wow untuk kantok cetek semacam RPm )
Berikut beberapa foto sebelum dan sesudah mengganti ban tapal lebar 😀 .
Last..mungkin hanya dapat sedikit yang dapat RPM sampaikan ,mungkin sobat RPM ada yang sudah memasang ban tapak lebar ? monggo dishare suka dan dukanya menggunakan ban tersebut .Sekian mohon undur diri semoga berguna dan bermanfaat 😀 . – RPM
Baca juga bro 😀 ..
- Pasang Ban Tapak Lebar
- Nominasi Motor Nungging
- Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger
- Pasang Cover/Kondom Tangki
- Airbrush Vs Cutting Sticker
- Suka Duka Menggunakan Footstep Underbone
- Pasang Selang Rem Racing
- Pasang Lampu Angel Eye
- Pasang Visor Fariasi
- Pasang Speaker Moge Di Motor
Posted on 24 Januari 2015, in Info, Modifkasi, RPM and tagged Ban, BlackShadow, info, Modifikasi, RPM. Bookmark the permalink. 18 Komentar.
wohh mantap
ada perubahan feel berkendara gak
ada mas ,motor jadi tambah anteng ,tapi klo buat belok masih agak aneh 😀
joss postingan yg selalu menginspirasi
kok bisa kang ? 😀
Axioo bikin ban juga… 😉
Saya baru tahu 😀
keren brooo.. jadi lebih keker
makasih kang 😀
mw tnya nich om motor syakan jup z, ban depan dn ban belakangnya msih standar yaitu depan 70/90 dn belkang 80/90..lalu sya liat tmn sya pnya jupi z jg tp bannya dgnti dgn ukuran depan 80/80 dn belakang 90/80…pertanyaannya lbih bgus dn enak mna dikendrainya antara ban depan 70/90 dn blkng 80/90 dgn ban depan 80/80 dn belakang 90/80 om..?
tergantung pemakaian bro ,kalau cuma buat harian mah cukup yang 70/90 dn 80/90 ,tapi kalau dari segi tampilan bagusan yang 80/80 dn 90/80 namun tarikannya lebih berat tapi lebih stabil dari yang sebelumnya 😀
velgnya masi std apa nga Om ? setahu saya Jup Z velgnya kecil. kl dipasang ban lebar profil bannya jadi V. bagusnya ban itu bentuknya U.
saya pernah pasang bang 90/90 di velg std grand (1.40), Hasilnya ban terlhat besar, tp yang napak ke jalan hanya sebagian kecil tengahnya saja.
ketika saatnya ganti ban, ban hanya botak di tengah saja, pinggirannya masi tebal dan bagus.
nggak pernah buat miring2 kali 😀
bener”mirip ya battlax sama corsa hha..mantep bro
nmpang juga ya bro
Vixionnet.blogspot.com
\
wah mungkin cuma sama motifnya ,silahkan bro 😀
Kereennn.
Thank’s om 😀
mas itu shock belakang nya uda di tinggi kan to mas ?
sip tenan gagah 🙂
iya kang pake peninggi shock hehe 😀