Ban Dengan Ban Dalam Vs Ban Tubeless

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat ..

 

Ban adalah salah satu komponen penting dalam laju sebuah kendaraan dan keamanan sang pengendara.Ban mempunyai empat tugas utama yaitu sebagai penyalur tenaga dari mesin dengan dibantu oleh sproket (gear set + rantai),penyangga beban kendaraan dan juga penumpang,meneruskan fungsi kemudi dari stang,pengereman motor dan juga dapat sebagai suspensi atau penahan kejutan dari permukaan entah itu aspal ataupun tanah.

Ban sendiri dibagi menjadi dua pilihan yaitu ban  dengan menggunakan ban dalam atau tubetype dan juga ban tanpa menggunakan ban dalam atau biasa disebut dengan istilah tubeless.Nah kali ini RPM akan mengomparasikan kedua jenis ban ini,mari kita simak 😀

 

  • Ban Menggunakan Ban Dalam (Tube-Type)

Gambar

Ban jenis ini adalah ban yang menggunakan dua ban sekaligus yaitu ban luar dan ban dalam,biasanya ban ini digunakan di motor bebek (cup) ,matic (skubek) dan sepeda motor yang masih menggunakan ukuran yang tidak terlalu besar.Ban jenis ini juga sering digunakan untuk arena balap cross atau off-road karena tidak akan merusak velg jika saat menempuh trek yang ekstrem dan overload (kelebihan beban).Ban jenis ini mempunyai bentuk yang sedikit mengotak jadi membuat agak kesulitan untuk bermanuver dalam tikungan ditambah pada kecepatan tinggi yang kurang stabil.

Ban jenis ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu :

  • Murah .Ban jenis ini mempunyai harga yang relatif terjangkau bahkan satu paket antara ban luar dan ban dalam harganya masih terjangkau.
  • Dapat Menggunakan Semua Velg .Ban tube type tidak memperlukan velg khusus dalam pengaplikasian ban ini.
  • Tambal ban mudah dicari .Tambal ban yang ada dipinggir jalan selalu siap melayani untuk ban tube type dan tarifnya juga murah paling dikisaran Rp 5.000 saja .
  • Tidak Merusak Velg .Ban jenis ini akan lebih kuat dalam menahan hantaman dari trek dan membuat velg lebih awet.

Namun ban tube type juga memeiliki beberapa kelemahan yaitu :

  • Rawan Pecah .Ban jenis ini jika sering digunakan dalam muatan yang berlebihan dapat menyebabkan ban dalam pecah.
  • Langsung Kempes .Ban tube type ini akan langsung kempes jika terkena paku,ranjau dan sejenisnya jadi harap lebih hati-hati dalam melewati jalan.
  • Lama .Lama yang dimaksud adalah wakt yang digunakan saat menambal ban dalam karena harus mengeluarkannya dulu.
  • Kurang Stabil .Ban ini kurang stabil jika untuk digunakan untuk bermanuver,digunakandi kecepatan tinggi dan juga penerus kemudi karena mempunyai profil ban yang berbentuk mengotak.

 

  • Ban Tubeless (Ban tanpa Ban Dalam)
Gambar

Ban Tubeless

Ban ini sekarang mulai sering digunakan sebagai standar pabrikan,biasanya digunakan untuk motor sport namun kini telah ada varian untuk motor bebek dan matic.Ban tubeless terkenal sebagai ban yang praktis karena tidak menggunakan ban dalam lagi,namun ini yang membuat banyak orang menjadi salah kaprah dalam ban tubeless ini katanya ban tubeless adalah ban yang tidak bisa bocor (padahal RPM dulu iya :mrgreen: ),ban tubeless masih bisa mengalami kebocoran maka dari itu diciptakanlah pelumas anti bocor untuk ban tubeless

.Ban tubeless biasanya digunakan untuk balapa on the road entah itu road race,drag race mauapun balap jenis lain,namun ban jenis ini harus menggunakan velg khusus guna mengaplikasikan ban tipe tubeless karena ada penyesuaian bentuk dan agar udara tidak dapat keluar dengan mudah.

Ban tubeless memeiliki beberapa kelebihan antara lain :

  • Awet . Ban tubeless ini membpunyai daya tahan yang cukup tinggi yang membuatnya awet namun juga harus diperhatikan tingkat keausan bannya. 😀
  • Praktis . Ban tubeless tidak lagi menggunakan ban dalam yang menjadikannya lebih praktis
  • Tingkat Kestabilan Tinggi .Ban tubeless mempunyai tingkat kestabilan tinggi  entah itu untuk  digunakan dalam kecepatan tinggi,untuk bermanuver mauoun cornering dan juga kemudi yang baik maka dari itu sering digunakan untuk ajang bala p on the road. 😀
  • Tidak Langsung Kempes .Ban tubeless mempunyai desain secara khusus yang menjadikan ban tidak langsung kempes walau sudah menginjak paku maupun ranjau . 😀
  • Cepat .Cepat yang dimaksud adalah durasi waktu yang digunakan jika ban ini ditambal,mungkin tidak sampai lima menit untuk menambalnya . 😀

Namun tidak berarti ban tubeless tidak mempunyai kekurangan,ban tubeless mempunyai kekurangan yaitu :

  • Mahal .Ban tubeless mempunyai harga yang lebih mahal dibanding ban paket tube type .
  • Tambal Ban Sulit Dicari .Tida semua tempat tambal ban siap menangani ban tubeless karena keterbatasan alat dan juga tarif yang dipatok dua kali lipat dari ban tube type .
  • Merusah Velg .Ban tubeless dapat merusak velg jika sering digunakan pada jalan yang rusak parah dan akibat paling fatal adalah velg pecah.
  • Velg khusus .Ban tubeless wajib menggunakan velg khusus yang diciptakan untuk ban tubeless sendiri jika tidak ingin tekanan udara cepat berkurang,biasanya berbentuk belg racing atau cast wheel 😀 .

 

Last…info diatas hanyalah opini dari RPM semua orang bebas menyampaikan pendapatnya mungkin disini ada yang bisa merevisi dan menambahkan ?.Untuk ban sendiri RPM memilih tipe tubeless untuk ban depan dan ban belakang menggunakan ban tube type jadi netralkan 😀 .Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon kritik , saran dan masukan.Semoga berguna dan bermanfaat 😀  (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum..

Baca Juga :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 10 Mei 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. Infonya Top Markotop…!!

  2. Alhamdulillah Thunder di rumah selalu pake Tubeless depan belakang…
    Ngga khawatir harus dorong motor, apalagi boncengan sama anak istri 🙂

    Yamaha R25 Siap Diluncurkan, Situs IwantYamahaR25 Disiapkan buat Inden Online

  3. Sayang belum punya kendaraan mesin. Naily Blogs

  4. Beli [b]Ban[/b] tp buat apa ya?,mesinnya belum ada 🙂

  5. infonya cakep plus photo yg bawah nya manteb,. 😀

  6. enak bonuse… **eh…enak tubeless ding :mrgreen:

  7. ban tubeless kurang enak dijalan rusak karena lebih keras dari ban biasa

    kl jalur banyak jalan rusak mendink tubetype
    tp kl sering pulang malem ato jalan jauh/turing mendink tubeless

    malem2 bocor mana ngga ada tukang tambal nuntun motor masih jauh
    -_-“

Silahkan Dikomentari

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news