Adu Tangguh Yamaha Byson Vs Honda New Megapro

Gambar

Assalamuโ€™alaikum..

Yamaha Byson dan Honda New Megapro adalah seteru abadi didalam kelas 150cc dengan desain yang sama-sama mengusung desain ala Street fighter atau petarung jalanan,pertarungan mereka masih seru untuk diikuti dan dibahas.Walau Honda New Megapro sudah lebih unggul dalam fitur dan teknologi seperti sudah mengusung mesin injeksi dll,tetapi Yamaha Byson masih mempunyai fitur yang tiada duanya dibanding kompetitor lain.

Saya kemarin mencoba nge-tes secara singkat namun padat dengan jalan yang saya pilih adalah jalan yang berlubang,tanjakan dan penuh kelak-kelok yang tajam.Setelah meminta ijin kepada pemilik sang Byson saya langsung gas pol untuk mencoba bagaimana sensasi Yamaha Byson.Sebenarnya perseteruan Yamaha Byson dan Honda New Megapro sudah banyak dibahas pada blog dan forum roda dua,berhubung saya bisa test maksimal kemarin dan juga baru punya blog :mrgreen: mari kita bahas.

1.Handling

Dalam handling atau kendali dalam mengendarai,sayangnya Byson yang saya test sudah diganti dengan ban semi-trail saat dijalan bagus malah serasa menguang kekanan dan kekiri namun saat dijalan rusak malah enak dan mantap :mrgreen: .Secara handling Yamaha Byson ini sangat mantap untuk dikendarai didukung dengan ban lebar,stang baplang/lebar,posisi duduk yang nyaman saatlah nyaman #maaf pantat dan badan secara ingin kekanan dan kekiri mengikuti kontur jalanan yang berkelok tajam ๐Ÿ˜€ .Ini tidak terlalu jauh dengan Honda NMP namun,pada Honda NMP kurang didukung ban yang berukuran standar bisa dibilang kecil ๐Ÿ˜€ .Namun untuk perkotaan saya lebih memilih Honda NMP karena stangnya tidak terlalu lebar tetapi buat anda yang suka miring-miring (baca:cornering) saya lebih menyarankan Yamaha Byson.

2.Suspensi

Jika dilihat suspensi depan Yamaha Byson lebih besar dengan diameter 41 mm sedangkan di Honda NMP hanya 31mm ๐Ÿ˜ฎ .Jika melihat kebelakang sama-sama sudah mengusung monoshock.Untuk Byson Yamaha menyebutnya dengan sebutan Monocross,namun buat Honda NMP adalah suspensi konvensional tanpa link namun dapat disetting lebut-medium-keras.Untuk kenyamanan suspensi dijalan rata atau halus lebih nyaman milik Honda NMP karena saya rasa lebih empuk (saya setel soft) namun untuk jalan yang rusak saya rasa suspensinya malah kurang nyaman karena terlalu lembut (jawanya mentul-mentul :mrgreen: ).Berbanding terbalik dengan Yamaha Byson pada jalan bagusย  suspensi cenderung kaku namun untuk jalan rusak maupun tidak rata suspensi Yamaha Byson saya rasa lebih nyaman karena juga didukung oleh ban yang ekstra lebar.

Gambar

Monoshock Adjustable

Gambar

Monocross Suspension ๐Ÿ˜€

3.Pengereman

Untuk pengereman Honda NMP mengusung rem cakram depan dan belakang,namun untuk Yamaha Byson mengusung rem cakram pada depan dan rem drum atau tromol untuk rem belakang.Untuk rem depan,rem Yamaha Byson lebih memumpuni walaupun bannya besar namun daya cengkramnya maksimal mungkin karena piringan cakram yang lebih lebar ketimbang Honda NMP.Sedangkan untuk rem depan Honda NMP bisa dibilang biasa saja tidak terlalu pakem juga tidak loss,masih amanlah (bela diri :mrgreen: ) mungkin faktor diameter piringan juga berpengaruh.Namun untuk rem belakang berbanding terbalik,rem Honda NMP lebih unggul ketimbang Yamaha Byson.

Gambar

Cakram Kecil Tapi Punya Saya kaliper Brembo :mrgreen:

Gambar

Cakram Lebih Lebar

4.Desain dan Tampilan

Untuk Yamaha Byson sendiri mengusung desain street fingter dengan modi yang serba gambot dimulai dari ban dan velg yang bertapak lebar,tangki yang juga ekstra besar dan tampilan ala moge look dengan tagline โ€œKeperkasaan Tiada Tandingโ€,cocok buat anda yang suka kumpul-kumpul dengan orang-orang.Sedangkan untuk Honda NMP sendiri desain juga mengusung street fighter tetapi kearah elegant,dengan shroud yang dinamis,headlamp (katanya :mrgreen: ) seperti motor besar dengan tambahan rear disk break mampu mendongkrak tampilan motor si-Honda NMP.Dengan tagline โ€œReal Street Fighterโ€ dan โ€œIdentitas Baru Para Lelakiโ€ cocok untuk anda yang suka dengan model motor yang kalem dan elegant.

Gambar

Tampil dengan Moge look ๐Ÿ˜€

Gambar

Tampil Elegant dan Kalem ๐Ÿ˜€

5.Performa

Diatas kertas Yamaha Byson unggul namun menurut test oleh media online dan blog lain performa Honda NMP lebih unggul,namun saya tidak bisa nge-test secara maksimal karena trek yang tidak mendukung.Menurut pemilik top speed yang pernah dicapai dengan Yamaha Bysonnya mencapai 100km/h di speedometer namun dengan susah payah (katanya lho),sedangkan buat Honda NMP saya baru mendapat 118km/h on speedometer dan sudah saya test dengan GPS artikel bisa dilihat dibawah ini

Untuk torsi Yamaha Byson menghentak diputaran 1000-5000 rpm sedangkan Honda NMP terkesan rata penyaluran tenaganya.

Last….perbandingan diatas hanyalah opini yang saya sampaikan pastilah kita semua mempunyai opini yang berbeda-beda,kondisi motor sama-sama standar dan tahunnya juga sama-sama tahun 2010 namun untuk Yamaha Byson-nya kelahiran bulan Desember,Honda NMP-nya kelahiran bulan November.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,Mohon kritik,komentar dan saran yang membangun dan juga semoga bermanfaat (RPM)

Gambar

Byson Vs New Megapro

Gambar

Gambar

Byson Yang RPM Test ๐Ÿ˜€

Gambar

NMP yang RPM punya :mrgreen:

Wassalamuโ€™alaikum

Gambar

 

 

Menu Terkait:

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 5 April 2014, in Uncategorized and tagged , , , . Bookmark the permalink. 76 Komentar.

  1. Pilih yang mana yah?
    Pilih Byson, takutnya yang punya blog marah..
    Pilih NMP, takutnya Bro Orong-Orong yang marah,,,
    WKwkkwkwk…
    Vote 22 nya aja deh… ๐Ÿ˜€

  2. yang penting mereka akur. :mrgreen:

  3. Saya lebih suka yg elegan…

    saya pilih NMP PGM F1

  4. byson ae lah, bore up seher scorpio, ngacir, hahaha

    ———————————————————————–
    breaking the record, top speed old vixion tembus 165 kpj on speedometer

    http://lovemotobike.com/2014/04/05/video-breaking-the-record-top-speed-old-vixion-165-kpj-on-speedometer/

  5. byson monocross abal abal

  6. vote yg lbh mahal

  7. ora mbelo salah siji ๐Ÿ˜ 22nya sama2,,sama2 mtor ,, sama2 beroda 2,,sama2 punya setang,,sama2 punya kenalpot,,& masih banyak kesamaanya ๐Ÿ˜

  8. sip gan, begini nich cara yang benar test motor berbeda. test kedua-duanya. jangan bilang dulu itu jelek / lemot padahal belum pernah coba. harusnya tes dulu baru ngomong. joooooos, lanjutkan
    http://sarikurnia980.wordpress.com/2014/04/05/mungkinkah-ini-silinder-head-scorpio-250/

  9. ame pilih bonusnya saja : )

  10. udah nyoba dua-duanya, dan masih lebih nyaman NMP FI..
    Uwoh, shanju!
    _________________________
    Drag CBR150R vs R15 di India hasilnya harus diuji ulang disini!
    http://jackalride.wordpress.com/2014/04/04/test-drag-cbr150r-vs-r15-harus-diuji-ulang-ketika-versi-lokalnya-mengaspal/

  11. Angsuran lancar = Motor Juoosss…. huihihihihihi….

  12. Manteb bro atas ripiunya, OOT seandainya bodi new tiger FI seperty byson, mesinnya injeksi katakan di CC 200-250an akan joss

    http://cahyadip.wordpress.com

  13. pilih byson mesin megapro :mrgreen:

  14. pilih nomor 10 yang joget2 tangan di depan ๐Ÿ˜€
    wkwkwk….

    Kamen Rider Bikes
    http://devmoto.blogspot.com/2014/04/kamen-rider-s-bikes-eps1.html

  15. masing masing punya kelebihan dan kekurangan, memang pilihan sulit

  16. byson cma unggul kubikasi di atas kertas.

  17. rem tromol byson bisa diganti rem cakram ga gan?

  18. coba kegantengan byson diturunin selevel dengan megapro topspeed juga bakal nambah banyak

  19. Byson jg prnah ada yg mncapai top speed 126kmpj ko

  20. Kalo mau beda bedain itu utamain kedua motor masi standart dan usahakan bersifat netral .saya kurang suka sama penulisan anda yg terkesan tidak netral .

    • Hahaha bagian mana saya tidak netral bro ? Saya bukan fanboy alay. Saya berusaha memberikan pendapat dan opini saya senetral mungkin. Namanya juga opini, kalau tidak sesuai dengan pendapat anda bukan berarti saya tidak netral. BTW, terimakasih komentarnya ๐Ÿ˜€

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Tech Blog by Cakdan

GADGET | AUTOMOTIVES | TECH | TRENDS | INFOGRAPHICS | ANALYSIS | INDEPTH NEWS

Lintangcruisersblog

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif | Motor | Mobil | Kecelakaan | Modifikasi

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

CAHBROGO

BERITA OTOMOTIF | REVIEW | SHARING | GADGET CORNER

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

MOTOBLAST

Berita motor terbaru | Modifikasi Striping dan Rendering Motor Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

MOTOMAXONE.COM

Blogger, Publisher

Blog Otomotif Indomoto.com

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

%d blogger menyukai ini: