Kuras Tangki Sepeda Motor

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat bikers 😀 …

 

Tangki adalah tempat untk menyimpan persedian bahan bakar pada kendaraan mulai dari roda da hingga lebhi dari sepuluh.Dalam sepeda motor tangki khusunya motor sport letak tangki berada diluar dan lebih rentan akan kemasukan air,dan menguap.Air adalah pantangan dalam sistem pembakaran.

Jika air sudah masuk maka akibatnya  laju motor akan tersendat entah itu hanya untuk sesaat dan yang lebih parah adalah mogok 😮 .Selain itu air juga dapat membuat korosi tangki yang menimbulkan karat dan bisa mengakibatkan tangki berlubang (nah Lho 😮 ).Tidak hanya mengakibatkan tangki berlubang namun juga dapat menimbulkan karat apa pelampung bahan bakar yang akan berpengaruh pada kondisi fuel meter yang ngawur.

Caranya juga cukup mudah,kebetulan motor RPM yaitu NMP (Black Shadow) sudah tiga tahun dan belum dikuras juga.Langsung tancap kebengkel terdekat dan ternyata bisa dilakukan sendiri dirumah.Beberapa alat yang dibutuhkan adalah kunci untuk membuka baut penyangga dan obeng untuk membuka shroud dan kunci untuk melepas jok motor,tak lupa wadah untuk memampung bahan bakar nanti.

Dimulai dari selang bensin dulu,putar kran bensin keposis ress (jika ada) lalu lepaskan selang bensin kemudian arahkan ke wadah yang telah disediakan.Lepas dulu shroud pada motor jika ada,lalu buka jos motor.Lepas tangki dengan melepas baut pengikat dan lepaskan juga dari dudukannya.Hati-hati saat melepas dan sebelumnya sudah melepas kabel dari pelampung bahan bakar.Tambahan saat akan menguras tangki usahan bahan bakar tinggal sedikit.

Gambar

 

Lalu kuras bahan bakar hingga habis jangan lupa pada kanan tangki,setelah yakin sudah kosong,pada wadah akan terlihat mana bahan bakar dan mana air.Lalu buka kran bensin dan  membuang kotoran yang berada dimangkuk filter bensin,jika ada air warna coklat itu adalah cikal-bakal karat.

Gambar

Ambil dari aripitstop.com

 

Bersihkan filter dengan bensin hingga bersih dan kemudian rakit kembali seperti semula,masukan bahan bakar yang telah dibeli dan masukan ke dalam tangki.Namun jangan sambung selang bensin dulu biarkan hingga bensin keluar.Jika sudah pasang kembali ketempatnya dengan benar jangan sampai ada kebocoran da jangan lupa kabel pelampung dipasang kembali.

Untuk NMP RPM sendiri masih bersih hanya ada sedikit air warna  kuning kecoklatan dimangkuk filter dan herannya malah tidak air yang masuk 😮 (aneh yak :mrgreen: ) mungkin jenis bahan bakar juga mempengaruhi.Sedikit tips jangan lama-lama membiarkan tangki dalam keadaan kosong karena dapat membuat korosi dan karat.

Last..info diatas merupakan pengalaman RPM dalam menguras tangki sebulan yang lalu (ya walaupun dilakukan dibengkel :mrgreen:) dan itu berlaku untuk semua jenis motor serta lakukan secara periodik minimal setahun sekali .Sekian tips dan info yang dapat saya sampaikan silahkan dibaca dan mohon komentarnya.Semoga bermanfaat dan berguna 😀 (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum sobat..

Baca Juga Sob ! 😀 :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 10 Juni 2014, in Info, Tips and tagged , , . Bookmark the permalink. 37 Komentar.

  1. mana tangkimu sini aku kurasin #eh

  2. waahhh belum pernah kuras tangki… kebetulan punya saya ada mangkuk penguras air di moncong tangkinya… jadi air sepertinya langsung akan meluber ke luar lewat selang khusus… semoga ngga bocor deh.. ngeri je.. dah 2.5 tahun jua nih

    Antara Memperkaya Golongan dan Mensejahterakan Rakyat

  3. Kuras tanki diwajibkan untuk produk Honda,karena sejak jaman Majapahit ini adalah kegiatan rutin produk Honda yang sudah terkenal,produk Honda pada motor batangannya memang rawan kemasukan air pada tanki bahan bakarnya dan itu nyata. Lain halnya dengan produk Kawasaki dan Yamaha yang bebas kemasukan air.
    Intinya tanki bocor adalah warisan pada semua motor batangannya Honda.
    Saya punya old V-ixion dan sudah hampir 6 tahun belum kuras tanki sekalipun dan aman-aman saja hingga saat ini.

  4. asal jgn kuras isi dompet

  5. Oh iya buat meminimalisir kemasukan air rutin cek seal karet di tutup tangki bro kn NMP msh jendul tuh klo getas sdkit aja air bza menyusup 🙂

  6. shovie wes rasah dikuras, wong wingi kasatan kok….
    haha…..

    Awas ! Ternyata Cewek Seksi Ini Penjahat Bermotor !

  7. Wah , ga berani deh nguras sendiri. Takut ga bisa masang. Hehehe

    Yamaha F1ZR Motor Pertamaku yang malang

  8. mas bro sedikit saran aja ya
    blog sampeyan artikelnya pasti di dahuluin dan di akhirin dg salam secara islami
    tp majang foto cewe cantik ya sekedar saran aja,kl bisa di kasih foto wanita cantik yg berjilbab aja

    no offense ya….maju terus

  9. bochor…bochor,pake no drop 😀

  10. verza blm dikuras nih, udah setahun

    Update Stripping Honda Spacy

Silahkan Dikomentari

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news