Penyebab Rantai Cepat Kendur

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat bikers.. ๐Ÿ˜€

 

Rantai adalah penyalur tenaga utama dalam sepeda motor,rantai penyalur tenaga yang dihasilkan dari mesin dengan dibantu gear depan dan gear belakang yang berada di roda belakang.Rantai bekerja paling keras dalam menyalurkan tenaga karena harus dapat menjalankan kendaraan dengan bobot penumpang dan bawaannya.

terkadang kita tidak mengetahui apa penyebab dariย ย kendurnya rantai sepeda motor kita.Nah kali ini RPM akan berbagi tentang penyebab dan rantai cepat kendur dan akibat dari rantai kendur sendiri.Cek it ๐Ÿ˜€ :

  • Gas Mendadak

poool

Menarik tuas gas secara mendadak adalah penyebab utama dari kendurnya rantai.Perilaku ini “mungkin” sering kita lakukan saat keadaan terburu-buru atau mengejar sesuatu.Sebaiknya menarik gas jangan terlalu spontan,pelan namun pasti ๐Ÿ˜€ .

  • Over Capacity

tonase

Kelebihan muatan juga dapat membuat rantai cepat kendur karena memaksa untuk menarik lebih kuat lagi dan juga membuat jarak rantai ke arm semakin panjang karena beban yang diberikan terlaluย besar.

  • Medan Jalan

k

Medan jalanan Indonesia tidak semua mulus,karena banyak sekali pegununganmembuat jalanan naik dan turun terlebih jalan yang bergelombang dan jalan rusak.Ini juga dapat menjadi penyebab kenapa rantai cepat kendur apalagi untuk melewati tanjakan yang curam ๐Ÿ˜€ .

  • Perawatan

Perawatan juga dapat menentukan cepat dan lambatnya rantai kendur,rajin merawat dengan membersihkan rantai dan memberinya pelumas dapat membuat rantai awet dan tidak cepat kendur.Namun jangan menggunakan pelumas oli bekas karena akan mebuatnya cepat kendur dan kotor ๐Ÿ˜€ .

  • Memotong Rantai

Memotong rantai maksimal dilakukan sekali dalam periode penggunakan rantai,namun jika memotong rantai lebih dari satu malah akan membuat rantai cepat putus. (OOT dikit :mrgreen: )

Dari kendurnya rantai juga akan membawa berbagai dampak negatif seperti :

  • Boros BBM
  • Akselerasi berkurang
  • Berisik
  • Susah Pindah gigi dan untuk menetralkanย 
  • Gejala mengayun pada idle riding.

Merawat rantai selain bisa membuat rantai tidak cepat kendur,namun juga dapat memperpanjang usia rantai itu sendiri.Berkendara sesuai kebutuhan jangan terlalu full-to-full yang akan berakibat boros bbm dan rantai cepat kendur.

Last..tips dan info diatas hanyalah opini pribadi RPM disertai dengan pengalaman juga pasti dan sedikit dibantu dengan referensi yang didapatkan dari internet,mungkin ada yang mau menambahkan ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca mohon komentarnya.Semoga berguna dan bermanfaat ๐Ÿ˜€ย (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum..

 

 

Baca juga bro ๐Ÿ˜€ :

 

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 12 Juni 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 43 Komentar.

  1. Sering tarik gas mendadak, ini setuju buanget…kebiasaan dengan si bledhek ๐Ÿ˜€

  2. bener tuh kelebihan beban..sy pk ban gambot bebannya jd lebih :mrgreen:

  3. Naah itulah biker kbanyakan biker indo prinsip.a sekali angkut jga muat tp ga prtimbangin k0ndisi mtor

    http://adityaprad.wordpress.com/2014/06/11/utik-utik-pasang-pir-kick-starter/

  4. rantaiku juga udah kendor…harus di ganti..udah udah pernah dipotong..heee

  5. Nice info, salam buat yg bawah mas… :mrgreen:

  6. itoe betoel adanja…
    kalo bonusnya ga bikin kendor rantai kan ? #ups ๐Ÿ˜ˆ

  7. nambahin dikit penyebab kedurnya rantai boleh ya om ๐Ÿ˜€ (ato barangkali bisa disebut jg efek samping dari modif performa)
    – penggantian/swap per kopling yg lebih keras dari standar
    – melepas judder spring dari susunan kampas kopling
    – pasang karbu keihin PWK (khusus motor karbu n ga terlalu ngefek tanpa point paling atas)
    – penggantian rantai/sprocket ketengan (sprocket doang ato rantai doang)
    – n yg terakhir pemasangan chain kit dengan kualitas buruk
    btw ijin subscribe ya om ๐Ÿ™‚

  8. ane sering bener kena masalah rante, maklum motor tua udah 10 taun lebih hehe. Nice info om.

  9. joss…kalau si dark rantai nya ngak pernah kendor ๐Ÿ˜Ž ๐Ÿ˜†

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyรถbaMรดtรถ

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblรฅkrรคck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: