Upgrade Motor Injeksi

Gambar

 

Assalamu’alaikum sobat bikers.. 😀

 

Injeksi sekarang ini sedang mengalami masa kejayaannya karena hampir semua motor di Indonesia sudah menggunakan jenis ini.Injeksi digunakan tidak kenal bulu dari motor sport 1300cc hingga matic 110cc sudah menggunakan ini,tidak bisa ditolak alasan yang utama adalah injeksi lebih hemat bahan bakar dibandingkan karburator,selain itu motor injeksi lebih ramah lingkungan.

Namun ada yang beranggapan bahwa  motor injeksi perawatannya susah karena harus datang langsung ke bengkel resmi dan juga motor injeksi sudah tidak bisa diupgrade lagi.Kata siapa ? 😀 ,padahal motor injeksi masih bisa diupgrade entah itu dari modal kecil hingga bisa menguras angka direkening.Kali ini RPM akan berbagi tentang hal yang dapat dilakukan untuk mengupdrade motor berteknologi Fuel Injeksi.Cekibrppt 😀 .

  • Ubah TPS

Gambar

TPS atau Throttle Position Sensor adalah sensor yang bertugas dalam menanggung beban besar atau kecilnya tegangan yang harus dikeluarkan sesuai dari bukaan gas/throttle.Mengatur TPS harus menggunakan alat diagnotiknya yang biasanya sudah disediakan oleh masing-masing pabrikan.

Untuk cara penubahannya cukup mudah,yaitu tinggal masukan socket dari alat diagnostik ke ECU yang sudah disediakan.Saat akan membesarkan tegangan harus disesuaikan kebutuhan dan jangan terlalu besar.Contoh jika TPS standar dalam ukuran 1.01 dapat dinaikan hingga 1.05.

Cara ini juga digunakan agar debit bahan bakar bisa lebih banyak namun tetap sesuai bukaan throttle,juga dapat menghilangkan penyakit letupan saat deselarasi atau lebih dikenal dengan knalpot nembak.Sekaligus dapat meningkatkan akselerasi si motor.

 

  • Pasang Piggy Back

Gambar

Piggy back adalah suatu program lunak atau software yang dapat mengatur waktu pengapian,banyak sedikitnya debit udara dan bahan bakar dan masih bisa disesuaikan sendiri.Piggyback juga menjadi eksuketor pada injektor dari perintah ECU.Untuk simulasi majukan satu sep pengapiannya agar kurva pengapian bisa terlihat perbedaannya.

Jika sudah terlihat perbedaannya baru bisa diatur sesuai kebutuhan namun jangan terlampau tinggi,karena dapat membuat bahan bakar lebih boros.Sebab debit bahan bakar terlampau tinggi,hal ini bisa dilihat pada ujung elektroda busa berwarna hitam.Jika sudah pas ujung elektroda akan berwarna coklat kehitaman atau merah bata.

Untuk digunakan pada motor matic ataupun bebek sebaiknya motor andar sudah dinaikan kapasitas ruang pemabakran minimal 10cc dan sudah menggunakn knalpot freelow atau racing.Karena,jika menggunakan motor standar pabrik tenaga yang dihasilkan tidak akan begitu terasa perubahannya.

 

  • Ganti Injektor

GambarGambar

Injektor juga berperan dalam pensuplayan bahan bakar,anda bisa menggunakan injektor dengan titik lubang yang lebih banyak bisa menggunakan dengan part aftermarket ataupun kanibal dari motor lain.Jika pada injektor standar ada mempunyai tiga titik bisa diganti dengan lima ataupun empat titik,tinggal sesuaikan kebutuhan.

 

  • Pasang ECU Aftermarket

Gambar

ECU sebagai otaknya motor injeksi mempunyai kemampuan yang sangat terbatas maka dari itu bisa menggunakan ECU aftermarket yang biasa maupun berlabel racing.ECU aftermarket biasanya punya limiter yang lebih tinggi dan memsuplay bahan bakar lebih tinggi adn timing pengapian lebih awal dan debit udara bisa maksimal.

Untuk mengatur ECU aftermarket sendiri dapat disesuaikan dengan kondisi gografis,seperti di kawasan pegunungan bisa dibuat sedikit lebih basah karena suhunya yang lebih dingin maka saat keadaan dingin akan seperti motor sedang di-choke.Untuk kawasan dataran rendah maupun metropolis bisa dilakukan sebaliknya.

Last…artikel diatas adalah upgrade motor injeksi yang RPM dapatkan dari sepengatahuan RPM dibantu dengan referensi dari tabloid OTOTrend,mungkin sobat RPM ada yang mau menambahkan atau membenarkan jika ada yang salah.Sekian dari saya,mohon komentarnya semoga berguna dan bermanfaat 😀 (RPM).

 

Wassalamu’alaikum .. 😀

Baca juga sob 😀 :

Iklan

About Riski Miranto

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 13 Juni 2014, in Info, Modifikasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. wah wah isoh di upgrade to

  2. Penampakan Fansboy

    Penampakan Blogger Fenomenal,, mereka adalah Top Blogger Automotive 5 besar di Jagad Raya ini,, siapakah mereka??
    http://penampakanfansboy.wordpress.com/2014/06/13/penampakan-blogger/

  3. Piggy back adalah suatu program lunak atau software yang dapat mengatur waktu pengapian,banyak sedikitnya debit udara dan bahan bakar dan masih bisa disesuaikan sendiri
    ===========================================================================
    great….
    tapi bukannya PB hanya memanipulasi data input ECU sebelum memerintakan aktuator.
    banyak sedikitnya udara tetap bergantung pada bukaan THROTLLE GAS yang mana di Throttle bodi ada butterfly dan sensor TPS sebagai perantaara pembacaan bukaan gas yang di terusakan ke ECu dalam bentuk derajat.PB(piggyback) memanipulaSI data input seolah putaran TPS besar.semisal tps terbaca 30 dearaat dengan voltase 1,5 volt,maka Oleh PB di teruskan ke ECU seolah olah tps membuka 33 derajat dengan voltase dari TPS 1,8volt.dan dengan begitu ecu akan memerintakan injektor untuk menambah debit semprotan lebih banyak.manipulator TPS tetap memiliki batasan maksimal yaitu range voltase kerja maksimal sensor TPS.kalo saya tidak salah kinerja di putaran atas maka kinerja PB untuk sistem manipulasi TPS nya di abaikan.tapi g tahu juga kalo analisa saya ini salah.
    maklum juga masih belajar..hehehehehe

  4. Mantab gan…
    Btw udah dot com yah sekarang… 🙂
    Semangatttt..

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Different Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

The Green Blog

Motorcycle

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo [automotive news | review | etc]

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: