Penyebab Rantai Cepat Kendur
Assalamu’alaikum sobat bikers.. 😀
Rantai adalah penyalur tenaga utama dalam sepeda motor,rantai penyalur tenaga yang dihasilkan dari mesin dengan dibantu gear depan dan gear belakang yang berada di roda belakang.Rantai bekerja paling keras dalam menyalurkan tenaga karena harus dapat menjalankan kendaraan dengan bobot penumpang dan bawaannya.
terkadang kita tidak mengetahui apa penyebab dari kendurnya rantai sepeda motor kita.Nah kali ini RPM akan berbagi tentang penyebab dan rantai cepat kendur dan akibat dari rantai kendur sendiri.Cek it 😀 :
- Gas Mendadak
Menarik tuas gas secara mendadak adalah penyebab utama dari kendurnya rantai.Perilaku ini “mungkin” sering kita lakukan saat keadaan terburu-buru atau mengejar sesuatu.Sebaiknya menarik gas jangan terlalu spontan,pelan namun pasti 😀 .
- Over Capacity
Kelebihan muatan juga dapat membuat rantai cepat kendur karena memaksa untuk menarik lebih kuat lagi dan juga membuat jarak rantai ke arm semakin panjang karena beban yang diberikan terlalu besar.
- Medan Jalan
Medan jalanan Indonesia tidak semua mulus,karena banyak sekali pegununganmembuat jalanan naik dan turun terlebih jalan yang bergelombang dan jalan rusak.Ini juga dapat menjadi penyebab kenapa rantai cepat kendur apalagi untuk melewati tanjakan yang curam 😀 .
- Perawatan
Perawatan juga dapat menentukan cepat dan lambatnya rantai kendur,rajin merawat dengan membersihkan rantai dan memberinya pelumas dapat membuat rantai awet dan tidak cepat kendur.Namun jangan menggunakan pelumas oli bekas karena akan mebuatnya cepat kendur dan kotor 😀 .
- Memotong Rantai
Memotong rantai maksimal dilakukan sekali dalam periode penggunakan rantai,namun jika memotong rantai lebih dari satu malah akan membuat rantai cepat putus. (OOT dikit )
Dari kendurnya rantai juga akan membawa berbagai dampak negatif seperti :
- Boros BBM
- Akselerasi berkurang
- Berisik
- Susah Pindah gigi dan untuk menetralkan
- Gejala mengayun pada idle riding.
Merawat rantai selain bisa membuat rantai tidak cepat kendur,namun juga dapat memperpanjang usia rantai itu sendiri.Berkendara sesuai kebutuhan jangan terlalu full-to-full yang akan berakibat boros bbm dan rantai cepat kendur.
Last..tips dan info diatas hanyalah opini pribadi RPM disertai dengan pengalaman juga pasti dan sedikit dibantu dengan referensi yang didapatkan dari internet,mungkin ada yang mau menambahkan ? .Sekian dari saya silahkan dibaca-baca mohon komentarnya.Semoga berguna dan bermanfaat 😀 (RPM) .
Wassalamu’alaikum..
Baca juga bro 😀 :
- Pasang Exhaust Wrap
- Tips Menghindari Aksi Begal
- Cara Menghilangkan Karat di Motor
- Tips Membeli Motor Bekas
- Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar
- Jangka Waktu Penggantian Water Coolant / Air Radiator
- Pasang Cover/Kondom Tangki
- Pasang Lampu Angel Eye
- Pasang Visor Fariasi
- Cara Membersihkan Noda di Blok Mesin
Hmmm
http://cahyadip.wordpress.com/2014/06/11/new-2014-suzuki-gsx-r750z/
??
Sering tarik gas mendadak, ini setuju buanget…kebiasaan dengan si bledhek 😀
wahh ini 😀
haha…walo ngga bisa ngacir, tetep pede aja 😀
bener tuh kelebihan beban..sy pk ban gambot bebannya jd lebih
nah kan 😀
Naah itulah biker kbanyakan biker indo prinsip.a sekali angkut jga muat tp ga prtimbangin k0ndisi mtor
http://adityaprad.wordpress.com/2014/06/11/utik-utik-pasang-pir-kick-starter/
nah 😀
rantaiku juga udah kendor…harus di ganti..udah udah pernah dipotong..heee
wah jgn lebih dari satu kali bro 😀
nais inpoh
oke 😀
Thanks infonya bro.
masama bro 😀
Nice info, salam buat yg bawah mas…
siap mase 😀
joz ingpohna
sipp 😀
itoe betoel adanja…
kalo bonusnya ga bikin kendor rantai kan ? #ups 😈
jelas 😀
malah bikin kenceng ya 😈
harus dirawat emang
http://rohimmoto.wordpress.com/
nah 😀
nyimak om
monggo kang 😀
Nice info mas Riski,vario rantenya selalu josss… 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/06/12/pertandingan-perdana-piala-dunia-2014-antara-brazil-dan-kroasia-berikut-jadwal-lengkapnya/
hasyem 😀
untung motorku gak pake rante
http://masshar2000.com/2014/06/12/apakah-marquez-akan-memecahkan-rekor-di-catalunya/
pakai gardan ya 😛
nambahin dikit penyebab kedurnya rantai boleh ya om 😀 (ato barangkali bisa disebut jg efek samping dari modif performa)
– penggantian/swap per kopling yg lebih keras dari standar
– melepas judder spring dari susunan kampas kopling
– pasang karbu keihin PWK (khusus motor karbu n ga terlalu ngefek tanpa point paling atas)
– penggantian rantai/sprocket ketengan (sprocket doang ato rantai doang)
– n yg terakhir pemasangan chain kit dengan kualitas buruk
btw ijin subscribe ya om 🙂
ane sering bener kena masalah rante, maklum motor tua udah 10 taun lebih hehe. Nice info om.
wah udah lama juga 😀 .oke mas bro 😀
karena dipakai
bener 😀
kalo rante kekencengan efeknya apa ya?
deselarasi begitu kerasa dan bisa cepet putus rantainya 😀
joss…kalau si dark rantai nya ngak pernah kendor 😎 😆
percaya dah 😛
Xeonku rantene kendor gak yo…
spedaku gak gawe rantai, cvt tapi hehehe
kayak harley dong 😀
ok. tks