Cara Cek Kondisi CDI
Asslamu’alaikum
CDI adalah otak pengapian untuk mesin yang menggunakan pengkabut karburator,jika pada system injeksi dikenal dengan nama ECU.CDI bertugas untuk mengatur besar kecilnya pengapian,CDI juga memiliki limiter (untuk standar) dan masa pakai yang cukup lama dengan harga dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.
Jika menggunakan CDI imitasi kW biasa,sangat susah untuk langsam dan juga sedikit sulit dalam pengaturannya tidak bisa dilihat dengan kasap mata tetapi dapat dirasakan dari tenaga yang keluarkan.Untuk mengetahui bagaimana keadaan dan kerusakan CDI,bisa diukur menggunakan Avometer.Berikut cara menguji CDI-nya :
- Setel Avometer pada sinus 200 volt (jangan kurang jangan lebih). 😀
- Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil. 😀
- Kabel hitam dihubungkan ke massa/bodi/barang yang dapat menyalurkan arus listrik. 😀
- Nyalakan motor dengan starter maupun kick starter lalu lihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak. 😀
- Bila tidak ada arus maka CDI sudah mengalami kerusakan (waktunya “LEMBIRU” 😀 ).Dengan catatan arus dari spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI.Jadi sebelumnya cem dulu arus tersebut,cara nya sama seperti yang diatas,hanya kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju ke CDI. 😀
- Jika tidak ada avometer,coba saja kabel CDI yang menuju ke koil dengan melepas kop busi lalu salurkan ke bodi besi motor kemudian distarter.Jika masih ada percikan api besar masih bisa digunakan,jika percikan kecil maka sudah mengalami penurunan performa dan jika tidak timbul percikan api maka sudah waktunya ganti. 😀
Last..tips yang saya sampaikan hanya sedikit dan paling mudah menggunakannya adalah yang nomer 6 😀 karena tidak menggunakan alat-alat yang rumit,tips diatas bisa dilakukan semua orang khususnya untuk motor yang sudah berumur 3 tahunan lebih.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon komentar,kriti,saran yang membangun dan semoga berguna (RPM) .
Wassalamu’alaikum.
Menu terkait :
- Pasang Exhaust Wrap
- Tips Menghindari Aksi Begal
- Cara Menghilangkan Karat di Motor
- Tips Membeli Motor Bekas
- Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar
- Jangka Waktu Penggantian Water Coolant / Air Radiator
- Pasang Cover/Kondom Tangki
- Pasang Lampu Angel Eye
- Pasang Visor Fariasi
- Cara Membersihkan Noda di Blok Mesin
Menu terhangat :
- Tips Menghindari Aksi Begal
- Pasang Ban Tapak Lebar
- Nominasi Motor Nungging
- Trend Modifikasi Headlamp Z250
- Cara Menghilangkan Karat di Motor
- Tips Membeli Motor Bekas
- Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar
- Jangka Waktu Penggantian Water Coolant / Air Radiator
- Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger
- Pasang Cover/Kondom Tangki
Posted on 11 April 2014, in Uncategorized and tagged info, Tips. Bookmark the permalink. 49 Komentar.
Nice Tips..
Nyimak aja tapi, ilmu ane belom nyampe hal ginian nih.. 😦
http://komputermotor.com/2014/04/11/ninja-150rr-milik-bro-kazekage-ivan-tembus-183-kmjam-on-gps-namanya-putri-tapi-bikin-ngeri/
lhoh 😮
Masih belajar gan..
Jadi yang ane udah kuasain baru di share,, 😀
nah bagus tu 😀
tips yg bermanfaat bro… sip..
Nitip, Kenapa Tutup tangki next sport full fairing Honda harus rata (CB150R versi fairing)
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/10/kenapa-tutup-tangki-next-sport-fairing-honda-harus-rata-cb150-versi-fairing/
okeh 😀
thx infonya mas bro…
okeh mas bro 😀
nitip..
——
Ini pilihanku, mana pilihanmu ? . . .
mangga 😀
Good share bro….joss
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/10/seperti-apakah-wujud-cbr150-lokal-versi-ahm/
nah 😀
Wa alaikum salam… Saya juga minyak eh nyimak aja,keren artikelnya 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/11/▓-ini-alasannya-kenapa-saya-milih-honda-vario-▓/
nah 😀
nyimaks
nah 😀
kerennn tipsnya, berguna buat BRTku nih 😉
nah 😀
Undangan Jakarta Bikers Crowd 25 Mei 2014
http://motobikerz.com/archives/3131
😮
juwosssss
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/11/tutup-tangki-rata-k45-cbr150-lokal-ahm-apakah-respon-biker-diterima/
😀
wah dewa rpm
lhoh kok dewa 😮
nice share brooo
CBfairing mirip gak ya buritannya dengan Streetfire?
http://monkeymotoblog.com/2014/04/11/honda-cb150-fairing-ada-kemungkinan-buritannya-mirip-dengan-streetfire-analisa/
Siip mas 😀
nah…
😀
Asikk… cdi xeong ane alhamdulillah masih sehat
nah 😀
mas, jangan jangan beneran R15 ki di semarang 😀
sudah bisa diakses bro..
wah sayang nggak diundang ya .hiks 😮
juwosss
http://nivikoko.wordpress.com/2014/04/11/review-dan-tets-ride-singkat-new-satria-f-150-si-kecil-nan-beringas/
😀
dulu mio adek ane gak bisa nyala mesinnya…samoe dibongkar2 org bengkel 2 hari baru ktm penyebabnya yaitu cdi mati…
nah itu 😀
kampretos moso org bengkel nyari cdi rusak aja saampe 2 hari… 😆
nah itu .. berarti kurang teliti 😀
wah…nais inpoh brow
suwun kang 😀
jooss om.. http://adiezz86gasspoll.wordpress.com/2014/04/11/komparasi-ninja-zx-250-vs-ninja-ex-250/
sipp kang 😀
joss…nice info bro 😀
punya situ ma sudah injeksi 😀
wakakakakakkk 😆
wah, jos iki artikele
http://masshar2000.com/2014/04/11/ninja-400-2014-spesifikasi/
suwun kang 😀
ninggali jejak doloo
mangga