Cara Cek Kondisi CDI

Gambar

 

Asslamu’alaikum

 

CDI adalah otak pengapian untuk mesin yang menggunakan pengkabut karburator,jika pada system injeksi dikenal dengan nama ECU.CDI bertugas untuk mengatur besar kecilnya pengapian,CDI juga memiliki limiter (untuk standar) dan masa pakai yang cukup lama dengan harga dimulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Jika menggunakan CDI imitasi kW biasa,sangat susah untuk langsam dan juga sedikit sulit dalam pengaturannya tidak bisa dilihat dengan kasap mata tetapi dapat dirasakan dari tenaga yang keluarkan.Untuk mengetahui bagaimana keadaan dan kerusakan CDI,bisa diukur menggunakan Avometer.Berikut cara menguji CDI-nya :

 

 

 

 

Gambar

 

  1. Setel Avometer pada sinus 200 volt (jangan kurang jangan lebih). 😀
  2. Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil. 😀
  3. Kabel hitam dihubungkan ke massa/bodi/barang yang dapat menyalurkan arus listrik. 😀
  4. Nyalakan motor dengan starter maupun kick starter lalu lihat avometer apakah ada arus yang keluar atau tidak. 😀
  5. Bila tidak ada arus maka CDI sudah mengalami kerusakan (waktunya “LEMBIRU” 😀 ).Dengan catatan arus dari spul dan pulser ada yang mengalir ke CDI.Jadi sebelumnya cem dulu arus tersebut,cara nya sama seperti yang diatas,hanya kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju ke CDI. 😀
  6. Jika tidak ada avometer,coba saja kabel CDI yang menuju ke koil dengan melepas kop busi lalu salurkan ke bodi besi motor kemudian distarter.Jika masih ada percikan api besar masih bisa digunakan,jika percikan kecil maka sudah mengalami penurunan performa dan jika tidak timbul percikan api maka sudah waktunya ganti. 😀

 

Last..tips yang saya sampaikan hanya sedikit dan paling mudah menggunakannya adalah yang nomer 6 😀 karena tidak menggunakan alat-alat yang rumit,tips diatas bisa dilakukan semua orang khususnya untuk motor yang sudah berumur 3 tahunan lebih.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,mohon komentar,kriti,saran yang membangun dan semoga berguna (RPM) .

 

Wassalamu’alaikum.

Gambar

 

 

Menu terkait :

 

Menu terhangat :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 11 April 2014, in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink. 49 Komentar.

  1. tips yg bermanfaat bro… sip..

    Nitip, Kenapa Tutup tangki next sport full fairing Honda harus rata (CB150R versi fairing)
    http://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/10/kenapa-tutup-tangki-next-sport-fairing-honda-harus-rata-cb150-versi-fairing/

  2. Asikk… cdi xeong ane alhamdulillah masih sehat :mrgreen:

  3. dulu mio adek ane gak bisa nyala mesinnya…samoe dibongkar2 org bengkel 2 hari baru ktm penyebabnya yaitu cdi mati…

  4. ninggali jejak doloo

Tinggalkan Balasan ke TiCtAc Batalkan balasan

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news