Pasang Selang Rem Racing
Assalamu’alaikum brader semua 😀
RPMSUPER.COM – Selang rem meruapakan salah satu piranti yang memegang peran penting dalam sistem pengereman dari rem hirdaulis atau cakram .Walaupun fungsinya cukup sederhana yaitu untuk menyalurkan minyak dari master rem menuju kaliper bertuna untuk mendorong kampas rem ,namun hal ini sangat penting untuk keselamatan si pengendara .
Nah kali ini RPM berkesempatan untuk berbagi cara tentang menggunakan cara pemasangan selang rem racing ini dengan kata lain menggantu selang rem original motor.Mungkin untuk cara dasarnya untuk semua motor sama saja yang pertama persiapkan alat yang dibutuhkan antara lain motor yang menggunakan cakram ,selang rem racing piliha sobat sendiri ,kunci ring 12 mm dan 8 mm ,selang kecil (bisa mengguanakan selang bensin ) ,minyak rem 1-2 botol kecil,lap .kursi buat duduk kalau tidak mau jongkok dan es teh jika brader haus tinggal minum .
Untuk selang rem bebas ,brader mau pilih yang mana namun tetap sesuaikan kebutuhan dan keinginan .Untuk harga beragam dari yang murah Rp 35.000 hingga ratusan ribu rupiah tergantung merk dan kualitas .Untuk RPM sendiri pilih TDR RAcing panjang 24 inchi warna merah seharga Rp 55.000 (sebelumnya pernah pasang tapi bocor kena percikan las 😦 ) ,dan minyak rem juga bebas ,untuk minyak rem RPM pilih merk RedeX warna merah harga Rp 5.000 perbotol .
Langkah Awal ,buka bodi motor agar gampang melaksanakan tugas .Kedmuadia kuras minyak rem yang lama .Untuk di tabung minyak rem bisa dibuka dan langsung dibuang diwadah yang disediakan (usahakaan wadah tersebut tidak dipakai lagi .
Langkah Kedua ,masukan selang kecil ketempat pembuagan minyak yang ada dikaliper buka kuncinya dengan kunci pas atau ringgi ukuran 8 mm (untuk motor Honda yang lain kurang tahu ) .Lalu tekan/injak tuas rem hingga minyak benar-benar habis ,oh iya usahakan selang yang berukuran agak panjang agar tidak perlu melepasnya berkala ketika sudah penuh .Jika sudah habis minyak rem yang di dalam jangan lupa tutup lubang tadi dengan kunci pas .
Langkah ketiga ,lepas kepala selang rem yang dibelakang dulu lalu injak kembali tuas rem agar minyak rem keluar ,untuk yang satu ini dapat diarahkan langsung ke wadah tadi agar tidak meneganai bodi motor .
Langkah empat ,lepas kepala selang rem yang berada dikaliper dan pasang selang rem racing yang sudah dibeli tadi namun sebelumnya pastikan dulu panjangnya pas atau sisa dan ditekuk sesuai keinginan .Dan kemudian pasang kepala selang rem yang berada di master rem dulu dan kemudian kencangkan .
Langkah lima ,tuangkan minyak rem yang baru ke tabung minyak rem lalu injak/tekan tuas rem hingga mengalir hingga belakang (hati-hati jangan dampai muncrat 😀 ) kalau sudah sampai selang rem belakang pasangkan kepala selang rem yang dibelakang pasangkan ke kaliper dan kembali diinjak/tekan tuas rem .
Langkah enam ,hampir sama dengan langkah kedua namun tujuannya untuk meluarkan angin yang ada didalam (istilahnya masuk angin 😀 ) tekan agak cepat dan lihatlah angin yang masuk ,untuk yang ini minyak rem tidak perlu dibuang namun cukup dikembalikan ke tabung minyak rem.Ulangi beberapa kali agar yakin sudah tidak ada angin di dalamnya ,jika sudah langsung kunci lagi .
Langkah tujuh,pastikan baut dikaliper dan master rem sudah kencang agar tidak terjadi kebocoran dan pasang kembali bodi motor. 😀 ,berikut sedikit foto hasil pemasangan .
Last..pemasangan memang mudah dan dapat dilakukan sendiri waktunya juga cukup cepat rpm sendiri butuh waktu 15 menit dan hasilnya juga memuaskan .Untuk reviewnya bisa dilihat jika artikel lawas “Review Selang Rem Racing “<< .Nah mungkin brader sudah ada yang memasangnya bagaimana reviewnya ? monggo dishare ,untuk yang kurang jelas bisa hubungi langsung RPM dilama kontak .Sekian mohon undur diri semoga bergunda dan bermanfaat 😀 -RPM .
Wassalamu’alaikum 😀
baca juga bro :
- Pasang Ban Tapak Lebar
- Nominasi Motor Nungging
- Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger
- Pasang Cover/Kondom Tangki
- Airbrush Vs Cutting Sticker
- Suka Duka Menggunakan Footstep Underbone
- Pasang Selang Rem Racing
- Pasang Lampu Angel Eye
- Pasang Visor Fariasi
- Pasang Speaker Moge Di Motor
Posted on 4 Oktober 2014, in Modifikasi and tagged info, Modifikasi, Racing, Selang, Selang Rem, TDR. Bookmark the permalink. 26 Komentar.
tdr itu bahanya besi atau apa mase
bahan apanya kang ? selangnya atau bagain mana nya ?
ya selang nya bro …. kalo hels kan logam yak
gak tau kang ,bukan jenis loga kayanya
hm kalok hels logam . keren gan 😀 . tau harganya yg ktc ga ?
sekitar 200rb an bro 😀
hels juta an 😀
kaya tang*o 😀
heleh
durabilitasnya gimana ya ? kalo dibanding slang ori
=============================================================
kesalahan fatal dalam kwitansi service motor http://awansanblog.wordpress.com/2014/10/03/kesalahan-kwitansi-service-itu-fatal/
mantap ini kang ,dipakai jangka panjang juga masih joss 😀
oh begitu toh…
http://thegreenblog.net/2014/10/03/daftar-harga-motor-kawasaki-jadetabek-periode-oktober-2014/
yo.i kang 😀
Yg depan gak sekalian mas? He2
nggak kang takut ngesot hehe 😀
creatif euy,… apakah selangnya bekerja dg baik ?
joss kang 😀
modif trusss kang joss:)
mumpung ada dana 😀
ane dulu ganti selang tdr buat satria fu(sblm djual) ane..
ampe 2jam ane ngakalin gara2 handle ny ngelos… ampe nyerah trus ane serahin ke bengkel…eh ama bengkel gak nyampe 10 menit jadi…sueeeeex
masuk angin tuh kang 😀
Iya….masalahnya gak beres2 itu anginnya….mana udah abis 2 botol minyak rem…eh gak bener jg….asem 😀
buat pengalaman kang 😀
Yup…bener
wedyan di isi es teh
nitip suhu, ninja H2R masuk dalam 8 motor jalanan tercepat di dunia
http://orongorong.com/2014/10/07/inilah-8-motor-jalanan-tercepat-di-dunia-ninja-h2r-masuk-lho/
hasyem 😀