Tentang Kopling Hidraulic
Assalamu’alaikum brother semua 😀 ..
RPMSUPER.COM –Kopling merupakan alat untuk menyalurkan dan memutuskan transmisi dan tenaga dari mesin melalui gesekan yang ditimbulkan dari kampas kopling motor .Kopling yang sering kita temui berupa kopling biasa yang menggunakan kabel untuk menarik plat kopling yang ada dirumah kopling.
Nah,yang sering dikeluhkan dari kopling konvesional ini adalah tuasnya yang kadang menjadi berat jika sudah menggunakan per dan kampas kopling racing ,lalu juga rawan putus kawat koplingnya entah itu termakan waktu dan penggunanaan yang ekstrim.Seiring perkembangan zaman kopling telah ada farian hidraulis,ya memang sudah lama keluarnya namun RPM baru bisa menyampaikannya hari ini .
Mungkin awal penggunanaan kopling hidraulic ini ditujukan untuk motor berkubikasi besar karena jika menggunakan kopling konvesional bakal pegal jari tangan kiri kita dan membuat tidak nyaman jika digunakan untuk bermacet-macet ria.Sekarang kopling hidraulic ini sudah banyak varian aftermarketnya tentunya dengan harga yang beragam.
Jika dilihat mulai dari Rp 500rb yang paling murah dan sisanya mencapai jutaan rupiah,kopling hidraulic mempunyai cara kerja yang sama dengan rem hidraulic yang sama-sama membutuhkan master dan kaliper untuk dapat menggunakannya .Tak lupa pelumas khusus untuk menekan kaliper yang diselurkan dengan selang khusus .

Kitaco salah satu produsennya dengan harga yang cukup murah dibanding yang lain .Sekalian promosi walau nggak kenal sellernya .Pict from kaskus.co.id
Nah,dikopling hidraulic juga membutuhkan mereka agar dapat bekerja ,biasanya pengguna kopling hidraulic menggunakan master rem hidraulic serta tabungnya agar dapat memotong biaya agar lebih murah .Kemudian mempunyai kaliper yang berbentuk khusus agar tahan lama dan bekerja sempurna .
Namun ternyata kopling hidraulic tidak bisa menggunakan minyak rem hidraulic ,namun harus menggunakan yang khusus untuk kopling hidraulic yang harganya tidak murah ,karena jika menggunakan minyak rem hidraulic bisa merusak seal dari kopling hidraulic ini (katanya lho menurut sumber yang saya terima begitu ) dan jika ada kerusakan ditengah jalan tidak bisa langsung ditangani karena tidak semua bengkel bisa memperbaikinya dan juga sparepartnya yang belum telalu luas.
Namun yang pasti menggunakan kopling hidraulic kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menekan kopling hidraulis dan feelnya sama menggunakan rem hidraulic ,dan asyiknya lagi menggunakan kopling hidraulic ini masih bisa digunakan untuk setengah kopling .Jadi jika kita bermacet-macet ria jari tangan kiri kita tidak telalu capek untuk menarik tuas kopling 😀 .
Kelebihan lain menggunakan kopling hidraulic dapat mendongkrak tampilan motor ,coba saja bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling konvensional mana tampilan yang lebih keren 😀 .Kopling hidraulic sekarang banyak digunakan untuk keperluan balap entah itu on=road atau off-road.Coba saja tengok contoh motor yang sudah menggunakan kopling hidraulic ini ,
Nah dari hal diatas bisa kita ambil hal positif menggunakan kopling hidraulic antara lain :
- Tampilan motor makin keren 😀 .
- Tuas kopling menjadi ringan .
- Nyaman untuk bermacet-macet ria .
- Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik tuas kopling .
Namun menggunakan kopling hidraulic juga mempunyai hal negatif seperti :
- Sparepart susah dicari .
- Sparparnya masih mahal .
- Mahal harga barangnya .
- Jika dipakai untuk harian dirasa percuma .
Last..artikel ini hanyalah opini dari RPM jadi mohon masukannya dan tambahannya agar wawasan kita semakin bertambah tentang kopling hidraulic ini .Sekian untuk diri jika ada kesalahan ketik maupun kata mohon revisinya ,semoga berguna dan bermnafaat bagi sobat RPM semua 😀 RPM –
Wassalamu’alaikum :D. ..
baca juga :
Posted on 6 September 2014, in Info, Modifikasi and tagged hidraulis, info, Kopling, Modifikasi. Bookmark the permalink. 21 Komentar.
jos
gandos 😀
Menyimak gan 😉
http://potretbikers.com/2014/09/06/pentingnya-edukasi-finansial-sejak-dini/
monggo kang 😀
masalahnya :
1. tuas di stang sy yg belah kiri malah bikin berenti mas…
2. Muahaaaal
3. Bonusnya yg lama ya??? 😀
http://peysblog.wordpress.com/2014/09/06/perang-fbh-vs-fby-saya-yang-menang-dan-dapat-hadiah/
hasyem
,iya bro kehabisan stok bonus haha masih inget aja 😛
klo wajah cewek gampang hafal bro,, udh pnyakit dr lahir euy wkwkwk
seumur umur belom pernah liat motor yg make kopling hidrolik.. apa lagi nyobain
wikikikik saya juga om
oalah kui to…ketoke aku wes tau weruh barang iki nang toko aksesoris…
MJ dipasangi iki kang 😀
mengko malah mabur
ayo cepet diganti om 😉
masnya dulu aja ,saya belum punya duit
Duit e nipis buat beli standar padok kemaren 😀
dijual aja buat beli ini 😛
Hahaahaa mahiiiiL…
beli lek
larang kang
saya sudah pake kopling hydrolik, tapi sekarang mangkrak. gara garanya seal master bocor, dan diameter seak piston ternyata 11.5mm. padahal standar seal master motor 12.5mm
master variasi kebanyakan pake seal piston 11.5mm 13.5mm dan 14.5mm
wih bearti rugi kang 😮