Tentang Kopling Hidraulic

Assalamu’alaikum brother semua 😀 ..

 

kopling hidro

 

RPMSUPER.COM –Kopling merupakan alat untuk menyalurkan dan memutuskan transmisi dan tenaga dari mesin melalui gesekan yang ditimbulkan dari kampas kopling motor .Kopling yang sering kita temui berupa kopling biasa yang menggunakan kabel untuk menarik plat kopling yang ada dirumah kopling.

Nah,yang sering dikeluhkan dari kopling konvesional ini adalah tuasnya yang kadang menjadi berat jika sudah menggunakan per dan kampas kopling racing ,lalu juga rawan putus kawat koplingnya entah itu termakan waktu dan penggunanaan yang ekstrim.Seiring perkembangan zaman kopling telah ada farian hidraulis,ya memang sudah lama keluarnya namun RPM baru bisa menyampaikannya hari ini :mrgreen: .

Mungkin awal penggunanaan kopling hidraulic ini ditujukan untuk motor berkubikasi besar karena jika menggunakan kopling konvesional bakal pegal jari tangan kiri kita dan membuat tidak nyaman jika digunakan untuk bermacet-macet ria.Sekarang kopling hidraulic ini sudah banyak varian aftermarketnya tentunya dengan harga yang beragam.

Jika dilihat mulai dari Rp 500rb yang paling murah dan sisanya mencapai jutaan rupiah,kopling hidraulic mempunyai cara kerja yang sama dengan rem hidraulic yang sama-sama membutuhkan master dan kaliper untuk dapat menggunakannya .Tak lupa pelumas khusus untuk menekan kaliper yang diselurkan dengan selang khusus .

kopling hidro KTc

Kitaco salah satu produsennya dengan harga yang cukup murah dibanding yang lain .Sekalian promosi walau nggak kenal sellernya :mrgreen: .Pict from kaskus.co.id

 

Nah,dikopling hidraulic juga membutuhkan mereka agar dapat bekerja ,biasanya pengguna kopling hidraulic menggunakan master rem hidraulic serta tabungnya agar dapat memotong biaya agar lebih murah .Kemudian mempunyai kaliper yang berbentuk khusus agar tahan lama dan bekerja sempurna .

kopling hidro

 

Namun ternyata kopling hidraulic tidak bisa menggunakan minyak rem hidraulic ,namun harus menggunakan yang khusus untuk kopling hidraulic yang harganya tidak murah ,karena jika menggunakan minyak rem hidraulic bisa merusak seal dari kopling hidraulic ini (katanya lho menurut sumber yang saya terima begitu ) dan jika ada kerusakan ditengah jalan tidak bisa langsung ditangani karena tidak semua bengkel bisa memperbaikinya dan juga sparepartnya yang belum telalu luas.

Namun yang pasti menggunakan kopling hidraulic kita tidak perlu mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menekan kopling hidraulis dan feelnya sama menggunakan rem hidraulic ,dan asyiknya lagi menggunakan kopling hidraulic ini masih bisa digunakan untuk setengah kopling .Jadi jika kita bermacet-macet ria jari tangan kiri kita tidak telalu capek untuk menarik tuas kopling 😀 .

Kelebihan lain menggunakan kopling hidraulic dapat mendongkrak tampilan motor ,coba saja bandingkan dengan motor yang menggunakan kopling konvensional mana tampilan yang lebih keren 😀 .Kopling hidraulic sekarang banyak digunakan untuk keperluan balap entah itu on=road atau off-road.Coba saja tengok contoh motor yang sudah menggunakan kopling hidraulic ini ,

kopling hidro apli

 

Nah dari hal diatas bisa kita ambil hal positif menggunakan kopling hidraulic antara lain :

  1. Tampilan motor makin keren 😀 .
  2. Tuas kopling menjadi ringan .
  3. Nyaman untuk bermacet-macet ria .
  4. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk menarik tuas kopling .

Namun menggunakan kopling hidraulic juga mempunyai hal negatif seperti :

  1. Sparepart susah dicari .
  2. Sparparnya masih mahal .
  3. Mahal harga barangnya .
  4. Jika dipakai untuk harian dirasa percuma .

 

Last..artikel ini hanyalah opini dari RPM jadi mohon masukannya dan tambahannya agar wawasan kita semakin bertambah tentang kopling hidraulic ini .Sekian untuk diri jika ada kesalahan ketik maupun kata mohon revisinya ,semoga berguna dan bermnafaat bagi sobat RPM semua 😀 RPM – 

 

Wassalamu’alaikum :D. ..

baca juga :

Iklan

About RPMspeed

Mencoba berbagi yang terbaik untuk semua.

Posted on 6 September 2014, in Info, Modifikasi and tagged , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. masalahnya :
    1. tuas di stang sy yg belah kiri malah bikin berenti mas…
    2. Muahaaaal
    3. Bonusnya yg lama ya??? 😀

    http://peysblog.wordpress.com/2014/09/06/perang-fbh-vs-fby-saya-yang-menang-dan-dapat-hadiah/

  2. seumur umur belom pernah liat motor yg make kopling hidrolik.. apa lagi nyobain

  3. oalah kui to…ketoke aku wes tau weruh barang iki nang toko aksesoris…

  4. ayo cepet diganti om 😉

  5. saya sudah pake kopling hydrolik, tapi sekarang mangkrak. gara garanya seal master bocor, dan diameter seak piston ternyata 11.5mm. padahal standar seal master motor 12.5mm
    master variasi kebanyakan pake seal piston 11.5mm 13.5mm dan 14.5mm

Silahkan Dikomentari

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Lintangcruisersblog Otomotif,hobby & story

Tentang Otomotif dan segala ceritanya...

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSUPER.COM

Just a Motorcycle Blog

Bonsaibiker

Blog otomotif : Motor | Mobil | Lakalantas | Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

nivikoko.com

All About Motorcycle Life Style

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

cahbrogo.net

aku #cahbrogo dudu #cahkerjo

KomMotor

Berita Komputer Terbaru, Berita Motor Terbaru, Berita MotoGP Terbaru, Berita WSBK Terbaru, Spesiifikasi Komputer, Harga Motor, Harga Komputer, Modifikasi Motor

macantua.com

all about ride, drive and life........

www.satuaspal.com

_blog otomotif "nyerempet" dikit

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

Potret Bikers

All about automotive, photography, gadgets, culinary, & Travel

MOTOBLAST

Blog kumpulan berita otomotif dan modifikasi motor terbaru

MONKEYMOTOBLOG

Catatan Harian Rider Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

MOTOMAXONE.COM

Blog Otomotif Jawa Timur - Indonesia

indomoto++

Info terkini dan opini seputar dunia otomotif Indonesia, sepeda motor terbaru Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, TVS, harga, spesifikasi, warna, review, modifikasi

motohits.com

Update your automotive news

ARIPITSTOP

otomotif, campur campur, gado gado

MGLNblog

2 roda, sejuta saudara

Proud2ride Independent Blogger

Proud2Ride... Proud2Write... Proud2Be... INDEPENDENT BLOGGER...!!!

%d blogger menyukai ini: