Adu Tangguh Yamaha Byson Vs Honda New Megapro
Assalamu’alaikum..
Yamaha Byson dan Honda New Megapro adalah seteru abadi didalam kelas 150cc dengan desain yang sama-sama mengusung desain ala Street fighter atau petarung jalanan,pertarungan mereka masih seru untuk diikuti dan dibahas.Walau Honda New Megapro sudah lebih unggul dalam fitur dan teknologi seperti sudah mengusung mesin injeksi dll,tetapi Yamaha Byson masih mempunyai fitur yang tiada duanya dibanding kompetitor lain.
Saya kemarin mencoba nge-tes secara singkat namun padat dengan jalan yang saya pilih adalah jalan yang berlubang,tanjakan dan penuh kelak-kelok yang tajam.Setelah meminta ijin kepada pemilik sang Byson saya langsung gas pol untuk mencoba bagaimana sensasi Yamaha Byson.Sebenarnya perseteruan Yamaha Byson dan Honda New Megapro sudah banyak dibahas pada blog dan forum roda dua,berhubung saya bisa test maksimal kemarin dan juga baru punya blog mari kita bahas.
1.Handling
Dalam handling atau kendali dalam mengendarai,sayangnya Byson yang saya test sudah diganti dengan ban semi-trail saat dijalan bagus malah serasa menguang kekanan dan kekiri namun saat dijalan rusak malah enak dan mantap .Secara handling Yamaha Byson ini sangat mantap untuk dikendarai didukung dengan ban lebar,stang baplang/lebar,posisi duduk yang nyaman saatlah nyaman #maaf pantat dan badan secara ingin kekanan dan kekiri mengikuti kontur jalanan yang berkelok tajam 😀 .Ini tidak terlalu jauh dengan Honda NMP namun,pada Honda NMP kurang didukung ban yang berukuran standar bisa dibilang kecil 😀 .Namun untuk perkotaan saya lebih memilih Honda NMP karena stangnya tidak terlalu lebar tetapi buat anda yang suka miring-miring (baca:cornering) saya lebih menyarankan Yamaha Byson.
2.Suspensi
Jika dilihat suspensi depan Yamaha Byson lebih besar dengan diameter 41 mm sedangkan di Honda NMP hanya 31mm 😮 .Jika melihat kebelakang sama-sama sudah mengusung monoshock.Untuk Byson Yamaha menyebutnya dengan sebutan Monocross,namun buat Honda NMP adalah suspensi konvensional tanpa link namun dapat disetting lebut-medium-keras.Untuk kenyamanan suspensi dijalan rata atau halus lebih nyaman milik Honda NMP karena saya rasa lebih empuk (saya setel soft) namun untuk jalan yang rusak saya rasa suspensinya malah kurang nyaman karena terlalu lembut (jawanya mentul-mentul ).Berbanding terbalik dengan Yamaha Byson pada jalan bagus suspensi cenderung kaku namun untuk jalan rusak maupun tidak rata suspensi Yamaha Byson saya rasa lebih nyaman karena juga didukung oleh ban yang ekstra lebar.
Monoshock Adjustable
Monocross Suspension 😀
3.Pengereman
Untuk pengereman Honda NMP mengusung rem cakram depan dan belakang,namun untuk Yamaha Byson mengusung rem cakram pada depan dan rem drum atau tromol untuk rem belakang.Untuk rem depan,rem Yamaha Byson lebih memumpuni walaupun bannya besar namun daya cengkramnya maksimal mungkin karena piringan cakram yang lebih lebar ketimbang Honda NMP.Sedangkan untuk rem depan Honda NMP bisa dibilang biasa saja tidak terlalu pakem juga tidak loss,masih amanlah (bela diri ) mungkin faktor diameter piringan juga berpengaruh.Namun untuk rem belakang berbanding terbalik,rem Honda NMP lebih unggul ketimbang Yamaha Byson.
Cakram Kecil Tapi Punya Saya kaliper Brembo
Cakram Lebih Lebar
4.Desain dan Tampilan
Untuk Yamaha Byson sendiri mengusung desain street fingter dengan modi yang serba gambot dimulai dari ban dan velg yang bertapak lebar,tangki yang juga ekstra besar dan tampilan ala moge look dengan tagline “Keperkasaan Tiada Tanding”,cocok buat anda yang suka kumpul-kumpul dengan orang-orang.Sedangkan untuk Honda NMP sendiri desain juga mengusung street fighter tetapi kearah elegant,dengan shroud yang dinamis,headlamp (katanya ) seperti motor besar dengan tambahan rear disk break mampu mendongkrak tampilan motor si-Honda NMP.Dengan tagline “Real Street Fighter” dan “Identitas Baru Para Lelaki” cocok untuk anda yang suka dengan model motor yang kalem dan elegant.
Tampil dengan Moge look 😀
Tampil Elegant dan Kalem 😀
5.Performa
Diatas kertas Yamaha Byson unggul namun menurut test oleh media online dan blog lain performa Honda NMP lebih unggul,namun saya tidak bisa nge-test secara maksimal karena trek yang tidak mendukung.Menurut pemilik top speed yang pernah dicapai dengan Yamaha Bysonnya mencapai 100km/h di speedometer namun dengan susah payah (katanya lho),sedangkan buat Honda NMP saya baru mendapat 118km/h on speedometer dan sudah saya test dengan GPS artikel bisa dilihat dibawah ini
Untuk torsi Yamaha Byson menghentak diputaran 1000-5000 rpm sedangkan Honda NMP terkesan rata penyaluran tenaganya.
Last….perbandingan diatas hanyalah opini yang saya sampaikan pastilah kita semua mempunyai opini yang berbeda-beda,kondisi motor sama-sama standar dan tahunnya juga sama-sama tahun 2010 namun untuk Yamaha Byson-nya kelahiran bulan Desember,Honda NMP-nya kelahiran bulan November.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah,Mohon kritik,komentar dan saran yang membangun dan juga semoga bermanfaat (RPM)
Byson Vs New Megapro
Byson Yang RPM Test 😀
NMP yang RPM punya
Wassalamu’alaikum
Menu Terkait:
- Komparasi Suspensi Teleskopik dan Up Side Down
- Ban Tapak Lebar Vs Ban Tapak Kecil
- Adu Tangguh Yamaha Byson Vs Honda New Megapro
- Adu Kuat Honda Revo AT Vs Yamaha Lexam
- Tips Menghindari Aksi Begal
- Pasang Ban Tapak Lebar
- Nominasi Motor Nungging
- Trend Modifikasi Headlamp Z250
- Cara Menghilangkan Karat di Motor
- Tips Membeli Motor Bekas
- Mitos Tentang Pengisian Bahan Bakar
- Jangka Waktu Penggantian Water Coolant / Air Radiator
- Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger
- Pasang Cover/Kondom Tangki
Posted on 5 April 2014, in Uncategorized and tagged Honda, info, Komparasi, Yamaha. Bookmark the permalink. 76 Komentar.
And the winner is….
Lamborghini….. 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/05/☠-kereta-api-malabar-terguling-akibat-tanah-longsor-di-daerah-ciawi-kab-tasikmalaya-☠/
Pilih sendiri mang 😀
apa aja lah
http://krisnajati9.blogspot.com/2014/03/hati-hati-dengan-modus-tanya-alamat.html
joss
tetap pilih mio smile
joss
Secara desain pilih Byson 😀
http://chakim92.wordpress.com/2014/04/04/indoprix-2014-siap-digelar-kompetisi-bakal-lebih-panas/#more-1267
😀
Pilih yang mana yah?
Pilih Byson, takutnya yang punya blog marah..
Pilih NMP, takutnya Bro Orong-Orong yang marah,,,
WKwkkwkwk…
Vote 22 nya aja deh… 😀
wkwkwkwk .. pilih yang ijo ada tulisan RR aja 😀
WKkwwk…
mana.. mana. ?
#sambil celingak-celinguk.. 😀
hayyah 😮
yang penting mereka akur.
yang punya aja akur 😀
iya. entah kenapa ada orang yg gak punya malah gak akur gara2 beginian doang??? 😦
entah lah 😮
Saya lebih suka yg elegan…
saya pilih NMP PGM F1
lhah ini yang masih karbu mas .tpi sip dah 😀
tinggal pilih sesuai karakter masing2 rider
http://78deka.wordpress.com/2014/04/05/terus-aku-kudu-piye-balada-darmogati/
betul bgt 😀
nyimak mas bro 😀 http://cicakkreatip.com/2014/04/04/pt-astra-honda-motor-ahm-menorehkan-prestasi-sebagai-perusahaan-otomotif-roda-dua-dengan-layanan-contact-center-terbaik/
monngo kang 😀
tq 😀
Desain Byson, Teknologi NMP, Beli Thunder 😀
wkwkkwk nggak jadi vote dah 😀
Vote Thunder aja, tapi harganya doang haha
hahahah
byson ae lah, bore up seher scorpio, ngacir, hahaha
———————————————————————–
breaking the record, top speed old vixion tembus 165 kpj on speedometer
http://lovemotobike.com/2014/04/05/video-breaking-the-record-top-speed-old-vixion-165-kpj-on-speedometer/
lhah malah bore up segala
kalo buat harian, aku pilih NMP, nyaman
Kalo buat touring pilih YB, gagah…
hehe….
joss sesuaikan kebutuhan 😀
kl secara keseluruhan sih menurutku mendingan bysonnya…
http://masshar2000.com/2014/04/05/cara-membedakan-samsung-galaxy-s4-dan-super-copy-ini-dia-aplikasinya/
siip 😀
byson monocross abal abal
lhoh kata siapa ? 😮
vote yg lbh mahal
wah suka yang mahal
joss….ane pilih cibi…#eh 😀
nggak ada mas 😮
ora mbelo salah siji 😐 22nya sama2,,sama2 mtor ,, sama2 beroda 2,,sama2 punya setang,,sama2 punya kenalpot,,& masih banyak kesamaanya 😐
wahahaha…netral aja bro 😀
sip gan, begini nich cara yang benar test motor berbeda. test kedua-duanya. jangan bilang dulu itu jelek / lemot padahal belum pernah coba. harusnya tes dulu baru ngomong. joooooos, lanjutkan
siaap mas bro 😀
aku belum pernah coba bison..#melas
http://bintangjati.com/2014/04/05/lampu-scoopy-fi/
beli-beli 😀
ame pilih bonusnya saja : )
wkwkwkwk 😀
udah nyoba dua-duanya, dan masih lebih nyaman NMP FI..
Uwoh, shanju!
_________________________
Drag CBR150R vs R15 di India hasilnya harus diuji ulang disini!
sayah malahm belum nyoba yang FI hikz 😮
lebih nyaman lagi lho dibanding yang karbu, imho.
bsok ah coba 😀
Angsuran lancar = Motor Juoosss…. huihihihihihi….
hahha
Manteb bro atas ripiunya, OOT seandainya bodi new tiger FI seperty byson, mesinnya injeksi katakan di CC 200-250an akan joss
http://cahyadip.wordpress.com
bisa jadi 😀
dikabarkan Kawasaki tengah berisap untuk memasarkan Bajaj Pulsar 200 Fi http://jackbiker.com/2014/04/9964/siap-siap-kawasaki-indonesia-akan-pasarkan-bajaj-pulsar-200-fi/
Blm tes Byson… #lirik orong orong
joss 😀
jadi tetep ya om nmp lebih unggul 😀 http://ridertasik.wordpress.com/2014/04/05/vario-125-26-jutayang-boneeeeengg-aja/
tergantung mas 😀
pilih byson mesin megapro
wkwkwkwk
pilih nomor 10 yang joget2 tangan di depan 😀
wkwkwk….
Kamen Rider Bikes
http://devmoto.blogspot.com/2014/04/kamen-rider-s-bikes-eps1.html
lhah 😮
masing masing punya kelebihan dan kekurangan, memang pilihan sulit
nah itu 😀
byson cma unggul kubikasi di atas kertas.
nah itu 😀
rem tromol byson bisa diganti rem cakram ga gan?
bisa gan sedia dana 500-600 aja 😀
coba kegantengan byson diturunin selevel dengan megapro topspeed juga bakal nambah banyak
nmp lawan pakai performa ,byson pakai tampilan 😀
Byson jg prnah ada yg mncapai top speed 126kmpj ko
tergantung kondisi 😀
Kalo mau beda bedain itu utamain kedua motor masi standart dan usahakan bersifat netral .saya kurang suka sama penulisan anda yg terkesan tidak netral .
Hahaha bagian mana saya tidak netral bro ? Saya bukan fanboy alay. Saya berusaha memberikan pendapat dan opini saya senetral mungkin. Namanya juga opini, kalau tidak sesuai dengan pendapat anda bukan berarti saya tidak netral. BTW, terimakasih komentarnya 😀