Faktor Penyebab Kapasitas Oli Berkurang
Assalamu’alaikum..
Oli adalah mempunyai peran vital dalam kelancaran kendaraan,tetapi banyak sekali orang yang beranggapan bahwa oli hanya untuk sebagai pelumas mesin padahal itu salah tidak sesederhana itu.Oli mempunyai peran sebagai pendingin dalam mesin karena suhunya dari 100 derajat celcius (tidak tau ditailnya) ,sebagai pembuat dinding celah antara komponen lain untuk merudiksi gesekan yang tercipta antar komponen dalam mesin.Bayangkan kalau tidak oli pasti sudah pada mengalami baret pada part yang ada didalam mesin dan pasti mudah sekali over heat.
Nah kali ini saya akan memabahas beberapa faktor penyebab kapasitas oli yang berkurang,kapastias oli tidak sama persis seperti awal penggantian walaupun sedikit dan masih normal tidak terlalu banyak,kalau terlalu banyak terlalu sudah terlalu fatal..Mari kita bahas penyebabkan oli berkurang pertama :
- Kebocoran Mesin ,Kebocoran mesin adalah indikasi pertama penyebab kapasitas oli berkurang mungkin dari blok packing yang kurang sempurna.Nah untuk menghindari kebocoran mesin bisa dilakukan dengan rutin cek daya tahan dari blok packing,ring piston apakah masih bagus yang ini tidak menyebabkan kebocoran mesin tetapi membuat oli bisa ikut terbakar.Kalau sudah terjadi kebocoran mesin bisa dilihat pada sekitar mesin terdapat dilihat secara kasap mata yaitu keluarnya oli dari celah-celah mesin . 😀
- Oli Menguap,yup karena oli berbentuk cairan yang mempunyai sifat menguap bila terkena panas apalagi panas yang berlebih ini bisa terjadi jika terlalu sering berkendara pada daerah yang macet,yang menyebabkan suhu mesin makin tinggi dan bisa makin tinggi juga penguapan oli. 😀
- Tingkat Kekentaan Oli.Oli mempunyai beberapa tingkat kekentalan,semakin tinggi angka yang ditunjukan maka semakin tinggi juga tingkat kekentalan oli tersebut dan sebaliknya.Nah yang biasanya terjadi penguapan adalah oli yang encer dan terlalu encer,semakin encer tingka kekentalan oli maka akan cepat oli mengalami penguapan namun jangan kuatir rata-rata oli tingkat kekentalan rendah sudah ditambahkan za adiktif agar suhu tetap stabil . 😀
- Menaikan Ukuran Mesin .Bore up atau menggati diameter piston keukuran yang lebih besar juga berpotensi besar menyebakan oli berkurang karena kinerja mesin semakin berat dan tinggi,maka dari itu oli mengalai penguapan dan biasa secara berkala di tambah oli-nya jika sudah berkurang karena biasanya berkurangnya cukup drastis . 😀
- Pemakaian.Faktor ini juga sangat mempengaruhi berkurangnya kapasitas oli jika pemakaiannya sering saat kondisi panas apalagi yang ditambah kemacetan bisa membuat oli menguap.Menggunakn full to full atau biasa disebut gasspoll,penggunaan throtlle yang tidak beraturan juga bisa membuat oli menguap. 😀
- Timbul Asap Putih Pada Knalpot .Faktor yang disebabkan karena oli ikut terbakar yang kemudian memunculkan asapa putih pada knalpot secara jangka waktu yang lama,faktor utamnya adalah ring piston yang sudah aus ,karena sering ikut terbakar maka oli juga cepat berkurang.Faktor ini juga mengabitkan busi cepat mati . 😀
Last…info diatas adalah sebagian pemikiran RPM dibantu dengan berbagai referensi dan hanya beberapa saja yang dapat saya sampaikan dalam beberapa faktor penyebab kapaitas oli berkurang,jika ada kesalahan dan tambahan mohon direvisi.Sekian dari saya silahkan dikunya-kunyah ,mohon kriti dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat (RPM)
Wassalamu’alaikum ..
Baca Juga :
Wwrb, setuju utk memeriksa secara rutin oli kendaraan kita
http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/27/pilihan-naked-street-bike-er6n/
nah itu 😀
Wach, nice info….**Karena Jupiterku 2003, sudah mulai berkurang setiap ganti olie 😉
http://potretbikers.com/2014/04/27/marquez-rages-to-third-consecutive-pole-with-pedrosa-in-third-pr/
wah 😮
Males nih cek oli, tp biasanya tiap 2000 km ganti
http://rideralam.com/2014/04/27/rey-ratukore-dan-jupiter-z1-pecahkan-rekor-sentul-international-karting/
Mantap infonya…
Aq alhamdulillah rutin dalam hal ini. Daripada bermasalah 🙂
—–
http://nyobamoto.com/2014/04/27/motogp_fp-3-fp-4-dan-kualifikasi-semua-atas-nama-marc-marquez-membosankan/
nah 😀
Nice info… 😀
http://warungasep.wordpress.com/2014/04/27/jadi-beneran-dong-ini-memang-yamaha-yzf-r25/
oke mas 😀
mantaf tips nya..
sip 😀
spakaatttttt..
http://ulidblog.com/2014/04/27/ketika-india-merindukan-kehadiran-motor-ini/
nah 😀
Jangan sampai kehabisan oli, fatal akibatnya. nice info mas bro.
Nitip, Suzuki Hayabusa 2014.
https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/27/suzuki-hayabusa-2014/
nah tul banget 😀
Ada lagi, oli bisa berkurang karena.. dikuras
wkwkw nais inpoh
http://fachruldeanca.wordpress.com/2014/04/27/pasang-klakson-fiamm-di-nvl/
pinter banget kang 😀
botjor botjor..
wkwkwkkwk 😀
gambar paling bawahlah penyebabnya.karena duit mau buat gnti oli jadi kepake semua buat otw….
nah itu salah satunya 😀
jadi inget, besok tgl 1 mau ganti olinya si as-bandit..
hehee…
http://arrayprojects.wordpress.com/2014/04/27/5-tagline-sepeda-motor-terbaik-di-india/
nah itu 😀
http://nyobamoto.com/2014/04/28/motogp_hattrick-marc-marquez-jozz-diikuti-pedrosa-lorenzo/
😮
Mantapp mas bro
http://chakim92.wordpress.com/2014/04/28/jika-benar-honda-k45-mirip-dengan-new-cbr300-r-iya-nggak-ini-bisa-menggerus-market-share-segmen-sport-250cc-ahm-sendiri/
😀
Pernah pake oli M**ul Gold yg 15W-50, oli malah lebih cepet nguap dibanding yg M**ul Gold 10W-40. Padahal lebih kentel, eh kok lebih cepet nguap, ckck -_-
wah aneh banget bro 😮
Punyaku prnah kluar asep ptih truz d.ganti yg oli kntel ga ngasep ptih lg :v
Nitip brother 🙂
http://adityaprad.wordpress.com/2014/04/28/wiper-manual/
joss 😀
nice info mas… nitip juga mas http://racemotogp.com/2014/04/29/foto-foto-grid-girls-grand-prix-argentina-2014/
nah 😀
mantap.thanks mas
oke 😀