Faktor Penyebab Kapasitas Oli Berkurang

Gambar

Assalamu’alaikum..

Oli adalah mempunyai peran vital dalam kelancaran kendaraan,tetapi banyak sekali orang yang beranggapan bahwa oli hanya untuk sebagai pelumas mesin padahal itu salah tidak sesederhana itu.Oli mempunyai peran sebagai pendingin dalam mesin karena suhunya dari 100 derajat celcius (tidak tau ditailnya) ,sebagai pembuat dinding celah antara komponen lain untuk merudiksi gesekan yang tercipta antar komponen dalam mesin.Bayangkan kalau tidak oli pasti sudah pada mengalami baret pada part yang ada didalam mesin dan pasti mudah sekali over heat.

Nah kali ini saya akan memabahas beberapa faktor penyebab kapasitas oli yang berkurang,kapastias oli tidak sama persis seperti awal penggantian walaupun sedikit dan masih normal tidak terlalu banyak,kalau terlalu banyak terlalu sudah terlalu fatal..Mari kita bahas penyebabkan oli berkurang pertama :

  • Kebocoran Mesin ,Kebocoran mesin adalah indikasi pertama penyebab kapasitas oli berkurang mungkin dari blok packing yang kurang sempurna.Nah untuk menghindari kebocoran mesin bisa dilakukan dengan rutin cek daya tahan dari blok packing,ring piston apakah masih bagus yang ini tidak menyebabkan kebocoran mesin tetapi membuat oli bisa ikut terbakar.Kalau sudah terjadi kebocoran mesin bisa dilihat pada sekitar mesin terdapat dilihat secara kasap mata yaitu keluarnya oli dari celah-celah mesin . 😀
  • Oli Menguap,yup karena oli berbentuk cairan yang mempunyai sifat menguap bila terkena panas apalagi panas yang berlebih ini bisa terjadi jika terlalu sering berkendara pada daerah yang macet,yang menyebabkan suhu mesin makin tinggi dan bisa makin tinggi juga penguapan oli. 😀
  • Tingkat Kekentaan Oli.Oli mempunyai beberapa tingkat kekentalan,semakin tinggi angka yang ditunjukan maka semakin tinggi juga tingkat kekentalan oli tersebut dan sebaliknya.Nah yang biasanya terjadi penguapan adalah oli yang encer dan terlalu encer,semakin encer tingka kekentalan oli maka akan cepat oli mengalami penguapan namun jangan kuatir rata-rata oli tingkat kekentalan rendah sudah ditambahkan za adiktif  agar suhu tetap stabil . 😀
Gambar

Contoh Oli Encer

  • Menaikan Ukuran Mesin .Bore up atau menggati diameter piston keukuran yang lebih besar juga berpotensi besar menyebakan oli berkurang karena kinerja mesin semakin berat dan tinggi,maka dari itu oli mengalai penguapan dan biasa secara berkala di tambah oli-nya jika sudah berkurang karena biasanya berkurangnya cukup drastis . 😀

Gambar

  • Pemakaian.Faktor ini juga sangat mempengaruhi berkurangnya kapasitas oli jika pemakaiannya sering saat kondisi panas apalagi yang ditambah kemacetan bisa membuat oli menguap.Menggunakn full to full  atau biasa disebut gasspoll,penggunaan throtlle yang tidak beraturan juga bisa membuat oli menguap. 😀
Gambar

Jangan Ditiru !

  • Timbul Asap Putih Pada Knalpot .Faktor yang disebabkan karena oli ikut terbakar yang kemudian memunculkan asapa putih pada knalpot secara jangka waktu yang lama,faktor utamnya adalah ring piston yang sudah aus ,karena sering ikut terbakar maka oli juga cepat berkurang.Faktor ini juga mengabitkan busi cepat mati . 😀
Gambar

Contoh Knalpot Keluar Asap Putih

Last…info diatas adalah sebagian pemikiran RPM dibantu dengan berbagai referensi dan hanya beberapa saja yang dapat saya sampaikan dalam beberapa faktor penyebab kapaitas oli berkurang,jika ada kesalahan dan tambahan mohon direvisi.Sekian dari saya silahkan dikunya-kunyah ,mohon kriti dan saran.Semoga berguna dan bermanfaat (RPM) 

Wassalamu’alaikum ..

Baca Juga :

About Riski Miranto

Blog Otomotif Indonesia

Posted on 27 April 2014, in Info and tagged , , . Bookmark the permalink. 36 Komentar.

  1. Wwrb, setuju utk memeriksa secara rutin oli kendaraan kita
    http://cahyadip.wordpress.com/2014/04/27/pilihan-naked-street-bike-er6n/

  2. Jangan sampai kehabisan oli, fatal akibatnya. nice info mas bro.

    Nitip, Suzuki Hayabusa 2014.
    https://prasetyo676.wordpress.com/2014/04/27/suzuki-hayabusa-2014/

  3. Ada lagi, oli bisa berkurang karena.. dikuras :mrgreen: wkwkw nais inpoh

    Pasang Klakson FIAMM di NVL

  4. gambar paling bawahlah penyebabnya.karena duit mau buat gnti oli jadi kepake semua buat otw….

  5. jadi inget, besok tgl 1 mau ganti olinya si as-bandit..
    hehee…

    5 Tagline Sepeda Motor Terbaik Di India !

  6. Pernah pake oli M**ul Gold yg 15W-50, oli malah lebih cepet nguap dibanding yg M**ul Gold 10W-40. Padahal lebih kentel, eh kok lebih cepet nguap, ckck -_-

  7. Punyaku prnah kluar asep ptih truz d.ganti yg oli kntel ga ngasep ptih lg :v

    Nitip brother 🙂

    Wiper Manual

  8. mantap.thanks mas

Silahkan Dikomentari

RPMSUPER Jambu

Menyediakan Berbagai Aksesoris Untuk Motor Anda

CAKDAN BLOG

OTOMOTIF, TEKNOLOGI & TRAVELING

jbkderry.wordpress.com/

Media Otomotif Dalam Secangkir Kopi

Lintang Cruisers

//Automotif, Hobby & Story

Bidadari Pena

Galeri Seni Dan Sastra

Anomoto69.com

Blog macam apa ini >_<

RPMSuper.com

Blog Otomotif Indonesia

Bonsaibiker

Blog Otomotif: MotoGP, Motor, Mobil, Pajak, Modif

ArrayMotorsBlog!

Array Motors Blog - Just Share !

adityaprad's Blog

Segalanya mengenai otomotif dan sekitarnya

fachruldeanca

Ngomongin soal otomotif dan lainnya

MOTORAING.COM

Motor Aing... Kumaha Aing...

Rudy SouL Blog

Blog Motor ++

motorgoodness

Berbagi kebaikan dalam dunia per-motor-an

WARUNGASEP ★★★☆☆

Nongkrong di Warung Kopi

PotretBikers.com

All about Automotive, Gadgets, Traveling

MOTOBLAST

Berita Otomotif dan Modifikasi Indonesia

Rezaholic!!

Live Your Life!

WIRO NyöbaMôtö

Belajar menulis dan mem-foto apa saja pas nongkrong atau Mblåkräck :)

AxeeTech

Telecom, Smartphone, Android, iOS news and info.

Blog Otomotif Indomoto.com

Berita dan opini otomotif Indonesia terkini, review spesifikasi, modifikasi dan harga produk sepeda motor dan mobil terbaru.

motohits.com

Update your automotive news

Aripitstop.com

otomotif news