Review Oli Shell Advance AX7
Assalamu’alaikum..
Oli adalah komponen dalam motor yang berbentuk cair dan mempunyai tugas yang cukup vital bagi kendaraan bermotor yaitu antara lain sebagai pelumas setiap part mesin,membuat dinding pemisah antara part lain agar tidak terjadi gesekan,dan juga sebagai pendingin dalam mesin yang menjadikan oli bagaikan darah dalam mesin.
Nah beberapa bulan kemarin RPM berkesempatan untuk mencoba bagaimana impresi dari oli dengan merk Shell Advance.Shell sendiri merupakan brand yang terkenal sebagai produsen oli yang berkualitas tinggi dan cukup terjangkau dan juga Shell merupakan pemasuk bahan bakar yang juga dilabeli merk Shell.Shell juga menyediakan berbagai jenis oli mulai dari oli mobil hingga oli sepeda motor dan variannya juga termasuk banyak namun kali ini RPM mencoba varian Shell AX7 yang sudah sering dipakai biker.
Nah langsung saja,berikut ini ulasannya
Oli Shell AX7 ini adalah oli jenis semi-sintetik jadi bahan dasarnya masih menggunakan minyak yang ada didalam perut bumi lalu diberikan penyempurnaan dan juga diberi beberapa zat adiktif untuk menunjang performa oli agar selalu prima dalam setiap kondisi berkendara .Warna oli ini juga berwarna kuning agak kebiruan kalau tidak salah 😀 .
Oli Shell AX7 ini dikemas menggunakan botol plastik berwarna biru tua dengan gambar motorspot dilengkapi dengan spesifikasi olinya.Untuk spesifikasi olinya,Shell Advance AX7 ini memiliki tingkat kekentalan yang cukup rendah yaitu 10-40W dan memiliki sertifikasi Jaso-MA (untuk Jaso-MB diperuntukan untuk motor matic atau skubek 😀 ) dilenkapi dengan RCE Teknologi khas Shell Advance.Oli ini dikhususkan untuk motor empat langkah atau empat tak 😀 .
Nah sebelumnya RPM menggunakan oli dengan merk Repsol reviewnya bisa dicek disini .Saat pertama dituangkan ke mesin motor New Megapro RPM (sebenarnya milik orang tua RPM ),suara terasa lebih halus dan lebih padat,tarikan gas juga lebih ringan karena kekentalannya lebih rendah dibanding oli Repsol.
Untuk panas mesin sendiri tidak terlalu tinggi ditandai kipas radiator yang tidak pernah berputar karena tidak ada radiatornya #ngaco .Untuk panas mesin dirasa sangat normal,namun untuk bermacet-macetan sepertinya mesin terasa lebih cepat panas berbanding terbalik saat perjalan jauh suhu terasa normal bahkan terbilang dingin (berangkat jam 5 sampai jam 6 di Muntilan,Jawa Tengah :mrgreen ) karena suhu disana masih dingin kali ya ? 😀
Untuk perfoma mesin tidak terlau istimewa alias biasa namun terasa lebih ringan dari sebelumnya dan kalau suhu mesin sudah pas kopling terasa lebih ringan juga.Digunakan untuk perjalanan jauh juga sangat memumpuni namun memasuki kilometer lebih dari 900 km pernah sekali mengalami selip kopling 😮 .
Nah secara keseluruhan menurut RPM oli Shell AX7 ini mempunyai keunggulan :
- Tariak lebih responsif .
- Memumpuni untuk perjalanan jauh .
- Lebih hemat BBM karena oli nya encer .
- Mudah di starter saat keadaan panas maupun dingin .
Namun menurut RPM Shell AX7 mempunyai kelemahan :
- Kurang Cocok untuk jalan yang sering macet karena suhu cepat naik .
- Kalau sudah masuk jangka ganti oli ditemui gejala selip kopling.
Last…opini diatas adalah menurut pengalaman RPM menggunakan oli ini selama hampir 1.000 km danh harnganya juga relatif terjangkau yaitu Rp 47.000 anda sudah dapat membeli oli Shell AX7 ini..Pastilah semua orang dapat merasakan hal yang berbeda apalagi motor untuk melakukan test juga berbeda,sekarang saya menggunakan oli BM1.Sekian dari saya silahkan dikunyah-kunyah ,mohon kritik dan saran dan semoga berguna serta bermanfaat 😀 (RPM) .
Wassalamu’alaikum..
Baca Juga :
- Pasang Per & Kampas Kopling Racing Honda Tiger
- Suka Duka Menggunakan Footstep Underbone
- Speedometer New Vixion Vs GPS
- Review Helm NHK dan Glove Madbike
- Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED
- Reveiw 3 Jasa Pengiriman Barang Di Indonesia
- Review Busi TDR Balistic
- Berbagai Kemiripan Sebuah Produk
- Review Oli Shell Advance AX7
- Sensasi Berkendara Yamaha New Scorpio Z
Posted on 11 Mei 2014, in Info and tagged info, Oli, Review, Tips. Bookmark the permalink. 32 Komentar.
Wah.. cocok buat motor modern nih kang.. kalau motor jadul kurang kental.hehe
Tu oli keesukaan saya,,,hihiihihi….
Siip, nambah referensi.
Brabus B63S 700 6×6 Jip Sangar Bertenaga 700PS dengan 6 Roda.
http://prasetyo676.wordpress.com/2014/05/11/brabus-b63s-700-6×6-jip-sangar-bertenaga-700ps-dengan-6-roda/
wihhh NMP limited edition ternyata 😀
sstttttt ! ,jangan kras-keras 😀
Saya suka yg motul tapi mahalnya itu he he
http://cahyadip.wordpress.com/2014/05/10/sang-bayi-yzr-m1-akan-lahir-di-20-mei-2014/
iya daerah saya paling murah 80rb 😮
Juwosss masbrooo… http://www.nivikoko.com/2014/05/10/domain-jadi-www-nivikoko-com-header-blog-pun-ikut-mengalami-facelift/
siip 😀
1000 km ganti??? wah pulsar ane udah 2000km belum ganti nih… belum sempet ke bengkel 😀
http://78deka.wordpress.com/2014/05/11/semua-strategi-bisa-terhambat-gara-gara-sales-diler/
ayo ganti 😀
barusan ane ganti pake castrol
mantep 😀
Mantab inpohnya gan…
Bonusnya juga.. 😀
http://komputermotor.com/2014/05/11/cara-install-whatsapp-di-komputer-pc-atau-laptop/
nah 😀
Jos
gundiis 😀
Wah gonta ganti oli terus ya om…
Mantab 🙂
iya nih ,lagi nyari yang cocok 😀
wuih,, pake nos
iya dong
wich keren, 😉
Nitip olie juga >> http://potretbikers.com/2014/05/11/si-jule-sejak-3-tahun-silam-setia-dengan-olie-pertamina-enduro-4t/
hehehe 😀
Oli bawaan aja deh 😀
Gallery Freestyle Vixion Challenge:
wah ini 😀
bonusnya jos #salahfokus :v
titip jemuran masbro~
setahun terakhir ini pio saya tak kasih Motul Gold. Kebetulan mas cocok dengan performa yang sesuai ama cara berkendara saya yang lebih suka jalur alternatif. responsif dan padat di rpm bawah sampai dengan menengah tapi tidak begitu kedodoran di rpm atas. meski ga begitu puas di akselerasi, namun powernya terus ngisi bahkah ketika rpm >8000. pernah ngerasain selip kopling sekali karena kemacaten di jalan tanjakan, karena mungkin sering main setengah kopling. tapi pas nyoba lagi di kemacetan, tapi ga main setengah kopling, ga terjadi selip kopling.
nitip link review saya atas oli ini:
http://khoirulimamudin.wishenterprise.com/mencicipi-motul-gold-3100-15w-50-buat-new-scorpio-z-part-4-1000-1300km-akhir
Terima Kasih
mahal men
Ntar kalau punya motor sport nyoba-nyoba oli ahhh.
Sementara masih paké bébék 😀
Hasil Kejurnas Sentul International Circuit Seri Pertama
—–
http://nyobamoto.com/2014/05/12/banyak-menang-di-beberapa-race-menguntungkan-honda/
ya ndak masalah 😀
Selain harga oli terjangkau, spesifikasi udah bagus banget API SL/JASO MA 2 SAE 10W-40, pemakaian oli lebih lama lagi en yang pasti olinya gampang dicari.. hehehe
Jadi gue AX-7 aja deh.. CB150SF One HEART.
Joss 😀